Home Tips Sepeda Motor Butuh Dipanaskan

Sepeda Motor Butuh Dipanaskan

950
1

Bila Anda sadari, sepeda motor mempunyai ciri dan karakteristik seperti tubuh manusia. Sama seperti kita, sepeda motor pun diharuskan melakukan pemanasan sebelum bekerja. Jika pemanasan bagi manusia ada untuk menghindari cedera, maka pemanasan pada sepeda motor berguna untuk menjaganya dari kerusakan mesin.

Hal tersebut ditegaskan oleh M. Abidin, Technical Support dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Meski oli modern mempunyai viskositas yang lebih encer dan mesin kendaraan yang telah dibuat dari bahan yang mudah dan cepat melepas panas, pemanasan pada mesin tetap saja diperlukan.

”Pemanasan ini berguna untuk meratakan  pelumas di silinder dan kepala silinder untuk mesin 4-tak. Selain itu, pemanasan mesin juga berguna untuk merapatkan kompresi mesin,” jelas Abidin seperti dikutip Oktomagazine dari otomotif.net.

Pelumasan di area silinder mesin sangat diperlukan karena di bagian tersebut terdapat banyak komponen yang saling berhubungan dan mempunyai jarak yang cukup rapat. Jadi, keausan banyak terjadi pada komponen di bagian itu. “Pemanasan juga berguna untuk merapatkan beberapa komponen, karena memang beberapa komponen sengaja dibuat renggang saat dingin, lalu merapat saat mesin mencapai suhu optimum,” imbuh Abidin lagi.

Pemanasan mesin berlaku buat semua motor, tipe dan tahun lansiran. Tapi, sepeda motor yang telah dilengkapi sistem dan teknologi terbaru, seperti sistem injeksi mesin, membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk pemanasan. Waktu pemanasan lebih lama untuk motor berteknologi lama di bawah tahun 80-an.

Abidin menyebut, pemanasan bisa dilakukan kapan saja. Tidak perlu terpatok pada waktu pagi, siang, ataupun sore. Tapi bila berkaitan dengan lamanya waktu, motor dengan sistem injeksi butuh pemanasan mesin sekitar 1 menit. Sementara, motor non-injeksi antara 2 sampai 3 menit. Sedangkan motor lama, bisa 3 sampai 5 menit.

Memanaskan mesin pun juga sekaligus untuk menjaga kesehatan baterai alias aki. Sebab, saat mesin off atau mati, pasti ada kebocoran setrum di aki. Makanya, agar setrum di aki tidak tekor, Abidin menyarankan, motor dipanaskan tiap dua hari sekali. “Tak perlu lama. Jika kondisi baterai baik, mesin menyala 1 atau 2 menit, setrum sudah mengisi,” tutupnya.

Tips khusus untuk para pengguna sepeda motor dengan teknologi karburator. Jika motor Anda sudah lama tidak dihidupkan, maka biasakan untuk melakukan kick start dengan kondisi kunci terpasang pada posisi off. Hal ini untuk memancing kabut bahan bakar sehingga sepeda motor lebih mudah dinyalakan. Bagi para pemilik sepeda motor bersistem injeksi tidak perlu melakukan hal ini.

Sumber:

 

Previous articleInilah Alasan Mengapa Sup Mampu Melawan Flu
Next articleVideo Yoda – Sweet Child Trending Topic World Wide #1
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

1 COMMENT

  1. terimakasih atas informasinya saya selau pemilik motor injeksi jadi tidak was was lagi untuk melakukan perawatann mesin motor terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.