Home Teknologi Pengguna Kecewa Instagram Dikuasai Facebook

Pengguna Kecewa Instagram Dikuasai Facebook

815
1

Banyak pengguna Instagram yang kecewa terkait aksi akuisisi Facebook atas Instagram. Tak hanya pengguna perangkat iOS, namun juga pengguna Android yang baru bergabung pekan lalu.

Selama satu setengah tahun lamanya, pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch  merasa eksklusif karena hanya merekalah yang bisa menggunakan Instagram. Instagram kemudian dinobatkan sebagai aplikasi terbaik 2011 di toko aplikasi online App Store.

Namun pada 4 April lalu, rasa eksklusivitas itu hilang lantaran Instagram akhirnya mendarat di platform Android. Pengguna iOS pun mencibir pengguna Android, mereka terkesan tidak rela eksklusivitas itu direnggut Android.

Dan hari ini, baik pengguna iOS dan Android sama-sama merasa kecewa karena Instagram diakuisisi oleh jejaring sosial raksasa Facebook dengan harga 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,1 triliun. Ya, pengguna Android yang baru sepekan menggunakan Instagram, juga melontarkan kekecewaannya lewat Twitter.

Kebanyakan dari mereka yang protes menyatakan akan berhenti menggunakan Instagram. Mereka tak ingin berbagi foto dengan pengguna Facebook. Intinya, mereka ingin Instagram tetap eksklusif untuk perangkat mobile berbasis iOS dan Android.

Padahal, belum ada kepastian perubahan macam apa yang terjadi dan apakah Instagram akan dilebur dengan Facebook?

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri berjanji, Instagram tidak akan dilebur begitu saja ke dalam Facebook.

Meski ada kepentingan bisnis di sana, yang akan dilakukan Facebook adalah menggali kelebihan Instagram dan menerapkannya dengan fitur serupa di Facebook. Sementara Instagram dapat memanfaatkan kekuatan teknik dan infrastruktur yang dimiliki Facebook untuk tumbuh lebih besar.

“Itulah mengapa kami berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Instagram secara independen,” ujar Mark dalam timeline akun Facebook-nya, Senin (9/4/2012).

Instagram juga dipastikan tetap bisa digunakan untuk berbagi foto ke jejaring sosial lainnya, dan tidak eksklusif di Facebook saja. Bahkan, jika pengguna Instagram tidak ingin membagikan foto ke Facebook, hal itu bisa dilakukan.

“Kami berpikir fakta bahwa Instagram terhubung dengan layanan lainnya selain Facebook merupakan bagian penting dalam pengalaman ini,” kata Mark.

Surat CEO Instagram Soal Dibeli Facebook

Kevin menyiarkan, akuisisi oleh Facebook ini akan mengembangkan Instagram menjadi produk yang lebih baik. Berikut isi suratnya:

Ketika Mike (pendiri Instagram Mike Krieger–red) dan saya memulai Instagram hampir dua tahun lalu, kami telah membawa perubahan dan meningkatkan cara komunikasi dan berbagi dunia. Kami telah melihat masa menakjubkan Instagram tumbuh menjadi sebuah komunitas masyarakat yang hidup di seluruh dunia. Hari ini kami tidak bisa lebih gembira mengumumkan Instagram setuju dibeli oleh Facebook.

Setiap hari yang dilewati, kami melihat lebih banyak pengalaman dibagikan melalui Instagram dalam cara yang kami pikir tak mungkin. Ini karena tim yang berdedikasi dan berbakat yang kami miliki sejauh ini dan dengan dukungan dan ide yang diserbuk-silang oleh ide dan bakat dari sebuah tempat seperti Facebook, kami berharap akan menciptakan sebuah masa depan lebih menarik bagi Instagram dan Facebook.

Penting untuk dinyatakan bahwa Instagram tidak akan pergi. Kami akan bekerja dengan Facebook untuk meningkatkan Instagram dan mengembangkan jaringan. Kami akan terus menambahkan fitur baru pada produk dan menemukan jalan untuk menciptakan sebuah pengalaman mobile photo yang lebih baik.

Aplikasi Instagram masih sama seperti yang Anda tahu dan cintai. Anda akan selalu memiliki orang yang Anda follow dan memfollow Anda. Anda masih bisa membagi ke jejaring sosial lainnya. Anda juga masih akan bisa memiliki semua fitur yang membuat aplikasi ini sangat menyenangkan dan unik.

Kami menjiwai bergabung dengan Facebook dan sangat penasaran untuk mengembangkan Instagram yang lebih baik untuk semua orang.

Salam,
Kevin

CEO, Instagram

Previous articleSisi Positif Mencontek
Next articleSejarah Singkat CNN – Raksasa Penyiaran Dunia
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

1 COMMENT

  1. Selamat, Facebook, atas terbelinya Posterous. Aku akan menunggu bagaimana kau memperlakukan layanan pengolah foto ini di jejaring sosialmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.