Home Teknologi Mitos Jaringan 4G

Mitos Jaringan 4G

724
0

Baru-baru ini, AT&T sukses membuat jutaan pelanggan iPhone 4S kebingungan. Setelah memperbarui sistem operasi (OS) iPhone mereka menjadi iOS 5.1, pengguna menemukan indikator jaringan 3G di sebelah bar sinyal secara misterius berubah menjadi 4G.

4G sendiri merujuk pada generasi keempat teknologi nirkabel seluler. Semuanya dimulai pada 1980an dengan keajaiban analog 1G yang menjadi ukuran. Kemudian, jaringan digital membuat pengguna mampu mengakses jaringan 2G untuk mengirim SMS dan email.

Saat jaringan 3G muncul, tentu saja, mengantarkan pada masa smartphone dan data. Melalui teknologi 4G, perbedaan nyata antara suara dan data menghilang. Pada dasarnya, ini mengubah telepon selular menjadi sistem Voice-over-IP yang artinya, komunikasi lebih cepat dan lebih jelas.

Seberapa cepat?

International Telecommunication Union (ITU) mendefinisikan 4G sebagai kemampuan mengunduh data berkecepatan 100MB per detik hingga 1GB per detik. Standar 1GB per detik sendiri merupakan digunakan untuk situasi rumah dan mobilitas rendah, seperti seseorang yang berjalan-jalan membawa telepon.

Standar 100MB per detik merupakan kecepatan unduh maksimum secara teoritis di saat pengguna bepergian dengan mobil atau kereta api. Meski jaringan yang ada di AS saat ini belum mendekati jenis kecepatan ini, peluncuran 4G LTE merupakan lompatan interim penting.

LTE (Long Term Evolution) secara teoritis memaksimalkan kecepatan 100MB per detik itu. Kecepatan di dunia nyata sebenarnya hanya 20MB per detik atau bahkan kurang. Kecepatan Mobile Internet bisa sangat bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain.

Menara BTS yang tersebar, dan saat banyak pengguna terhubung ke menara di saat sama, kecepatan yang ada menjadi menurun.Namun, kecepatan LTE berhasil mempecundangi koneksi broadband yang ada di rumah.

Verizon sendiri telah membawa 4G LTE pada lebih dari 200 juta orang di 203 kotadi AS. Lebih dari 260 juta pelanggan di 400 pasar segera memiliki kemampuan untuk mengakses 4G LTE di akhir tahun ini.

Jaringan 4G LTE AT&T sendiri sudah aktif di 28 pasar dan operator ini akan menyelesaikan jaringan LTE miliknya di akhir 2013. Pelanggan Sprint di Baltimore, Kansas City, Dallas, San Antonio, Houston dan Atlanta dijadwalkan menerima layanan 4G LTE di pertengahan2012.

T-Mobile pun akan meluncurkan jaringan 4G LTE-nya pada tahun depan. Jika Anda seorang pelanggan AT&T di sebuah kota yang belum memiliki LTE, 4G yang Anda miliki sebenarnya adalah jaringan HSPA+.

Pengguna 4G T-Mobile juga sebenarnya berada pada jaringan HSPA+dan pelanggan 4G Sprint juga untuk saat ini menggunakan standar WiMAX. Meski dipasarkan sebagai 4G, HSPA+dan WiMAX cenderung menyerupai versi 3G yang diperbarui.

Jika Anda berencana membeli smartphone dalam waktu dekat, penting mengetahui persis apa yang akan Anda dapat. Jika ini merupakan smartphone HPSA+ atau WiMAX, kecepatan yang Anda dapat hanya sedikit lebih cepat dari 3G.

Selain itu, tak ada salahnya memeriksa apa Anda akan berada di area cakupan 4G LTE.AT&T mengatakan, iPhone 4S mampu memanfaatkan jaringan HPSA+. Namun, perangkat yang ada tak memiliki chipset untuk membuatnya bergabung dengan jaringan 4G LTE yang sebenarnya.

Sedangkan New iPad memilikinya. Namun sayangnya, perangkat ini baru cocok untuk pita 700MHz dan 2.100 MHz yang digunakan operator yang ada di Amerika Utara. Ini menjadi penyebab 4G LTE iPad tak bekerja di Australia karena operator Telstra di Australia menggunakan frekuensi MHz 1.800.

Hal ini menunjukkan potensi permasalahan yang bisa muncul di Amerika. Untuk memberi makan perangkat mobile data, operator di Eropa dan tempat lain bisa mengadopsi jaringan yang sama sekali baru sembari membangun jaringan 4G mereka sendiri di tahun depan.

‘Dunia’4G smartphone atau tablet Anda kemungkinan kembali ke standar yang lebih lambat jika tak sesuai dengan beberapa frekuensi baru tersebut.

Previous article5 Mimpi yang Sering Dialami Wanita
Next articleInterkom Canggih Untuk Para Bikers
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.