Home Serba Serbi Unik Ketahui Tipe Darah Kucing Kesayangan Anda

Ketahui Tipe Darah Kucing Kesayangan Anda

1082
0
Seperti juga manusia, ternyata kucing pun memiliki beberapa macam golongan darah. Ada tiga macam golongan darah yang terdapat pada kucing, yaitu A, B dan AB.

Di Amerika Serikat, 95 persen kucing domestik dan campuran mempunyai golongan darah tipe A. Semua kucing ras Siam, Burmese, Tonkinese, American Shorthair dan Oriental Shorthair sejauh ini diketahui mempunyai golongan darah A.

Sedangkan sekitar 50 persen kucing ras berdarah murni termasuk ras Persia, Devon Rex, Sphynx, Abyssinian, Cornish Rex, Exotic Shorthair, Birman dan Somali mempunyai golongan darah B.

Golongan darah B biasanya dimiliki oleh jenis ras kucing di suatu wilayah geografis dan hanya ras tertentu saja. Misalnya daerah barat laut wilayah Amerika Utara, memiliki sekitar 6% jenis kucing dengan golongan darah B. Ras kucing Devon Rex, sekitar 41 persen dengan golongan darah B dan ras kucing British Shorthair, sekitar 36 persen dengan golongan darah B.

Golongan darah A pada kucing bersifat lebih dominan dari pada tipe B. Oleh karena itu bila salah satu orang tua kucing mempunyai golongan darah yang berbeda, kemungkinan besar anak-anak kucing mempunyai golongan darah A.

Kucing juga mempunyai zat kekebalan (antibodi) alamiah terhadap golongan darah lain selain miliknya. Perkawinan kucing dengan golongan darah berbeda mempunyai risiko kematian anak kucing akibat adanya antibodi ini.

Sejauh ini, peralatan untuk mengetahui jenis golongan darah kucing belum terdapat di Indonesia. Walaupun ada Cattery atau Breeder berpengalaman yang membeli sendiri peralatan tersebut dari luar negeri untuk kepentingan Cattery-nya.

Perlunya Mengetahui Golongan Darah Kucing Bagi Breeder
Seorang breeder sebaiknya memiliki kucing-kucing dengan Golongan darah A. Perkawinan kucing-kucing dengan golongan darah yang berbeda mempunyai risiko kematian anak kucing beberapa hari setelah lahir. Fenomena ini disebut Fading Kitten Syndrome.

Birman cat3 (Photo credit: Gauis Caecilius)

Seperti halnya manusia, sebelum dilakukan transfusi darah. Harus diketahui tipe darah dari kucing yang akan menerima transfusi darah tersebut. Jika kucing diberikan darah yang bukan darah tipenya, akan menimbulkan reaksi penolakan oleh tubuh yang akan berakibat fatal.

Berikut ini ras-ras kucing dan golongan darahnya:

  • Golongan A: Siamese, Burmese, Tonkinese, American Shorthair, Oriental Shorthair.
  • Golongan B (1%-10%): Maine Coon Cat, Norwegian Forest Cat.
  • Golongan B (10%-25%): Abyssinian, Birman, Himalayan, Japanese Bobtail, Persian, Scottish Fold, Somali, Sphynx.
  • Golongan B (25%>): British Shorthair, Devon Rex, Cornish Rex.
Previous articleWaspada, 12 Sumber Gempa Kepung Jakarta
Next articleKelamaan Jadi Duda Bisa Sakit Jiwa
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.