Home Kesehatan Jangan Gunakan Sisa Minyak Lebih dari 2 Jam

Jangan Gunakan Sisa Minyak Lebih dari 2 Jam

614
0

MINYAK sisa bekas pakai menggoreng sering Anda gunakan untuk mengolah bahan makanan lainnya, baik untuk menggoreng telur, menumis sayuran bahkan mengolah kerupuk. Kendati demikian, Anda harus tahu batasan seberapa banyak minyak itu bisa digunakan, agar tubuh Anda selalu sehat.

Minyak sisa boleh saja Anda pakai kembali, tetapi tetap ada batasannya, jangan gunakan sisa minyak lebih dari dua jam kalau lebih dari itu sebaiknya Anda buang,” jelas Sisca Soewitomo selaku pakar kuliner saat dihubungi okezone, Jumat (30/3/2012).

Menurutnya, bila tetap dipaksakan utnuk menggunakan sisa minyak bekas pakai lebih dari dua jam maka kesehatan Anda akan terganggu khususnya jantung Anda.

“Selain tidak boleh digunakan lebih dari dua jam, proses penggunaan minyak bekas pakai dilakukan secara berulang maka itu akan merusak jantung Anda,” tambahnya lagi.

Dijelaskannya lagi, mengapa alasan minyak sisa bekas pakai tidak boleh dipakai dengan waktu yang ditentukan, buatnya ada proses kimiawi yang bekerja pada minyak tersebut terlebih ada kadar lemak yang tidak bagus buat kesehatan.

“Minyak bekas pakai itu di dalamnya sudah terdapat bakteri-bakteri akibat proses memasak yang berbeda terlebih dari penggunaan bahan-bahan makanan yang berbeda pula,” tegasnya.

Sisca pun menuturkan proses memasak dengan memakai sisa minyak pun hanya bisa dilakukan selama dua kali saja, tetapi Anda harus memperhatikan sisa minyak tersebut apakah layak dipakai atau tidak.

“Selama sisa minyak tidak berubah warna menjadi gelap, kusam, tidak menimbulkan bau yang tajam serta tidak terdapat endapan kental, sisa minyak bisa dipakai,” tutupnya.

Sumber:

Previous articleKenapa Pacar Sahabat Lebih Cantik ?
Next articleKenapa Nyamuk Suka Terbang di Dekat Telinga?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.