Home Teknologi Google Glasses Ciptakan Kehebohan

Google Glasses Ciptakan Kehebohan

552
0

Google membuat heboh dunia teknologi. Namun, kali ini kehebohan tersebut tidak datang dari pengembangan Google terhadap sistem operasinya yang bernama Android.

Pada 4 April 2012 lalu, Google tiba-tiba merilis sebuah video yang berjudul “Project Glass: One day…” melalui situs YouTube. Video tersebut menggambarkan seorang pria yang melakukan segala aktivitasnya sehari-hari.

Kegiatan-kegiatan seperti menjawab pesan teman di salah satu situs jejaring sosial, menjadwalkan sebuah pertemuan, mengambil gambar, memprediksi cuaca, hingga melakukan video-call, dilakukan hanya lewat perintah suara. Memang terdengar tidak cukup istimewa, karena Siri milik Apple mungkin bisa melakukan yang lebih baik.

Keistimewaan tersebut terletak di tampilannya. Dalam video tersebut, Google menggambarkan bahwa segala informasi dan kegiatan yang Anda lakukan dengan ponsel Anda, bisa langsung ditampilkan di depan wajah Anda dengan menggunakan sebuah kacamata yang disebut-sebut tengah dikembangkan oleh Google.

Video tersebut mendapatkan sebuah respon yang luar biasa. Tak lama setelah dirilis, video tersebut telah berhasil mendekati angka 9 juta penonton. Selain itu, 6.000 penonton video tersebut telah mengklik tombol “like”. Hal tersebut adalah sebuah bukti bahwa Google telah berhasil membuat sebuah fenomena dan kembali meningkatkan rasa penasaran publik terhadapnya.

Namun, angka 9 juta penonton rasanya belum cukup untuk Google. Sergey Brin, co-founder dari Google, semakin memanaskan gosip tersebut. Dalam sebuah acara di San Francisco, Brin terlihat mondar-mandir dengan mengenakan sebuah prototype dari Google Glasses. “Penampakan” Brin bersama kacamata berteknologi tinggi tersebut langsung disambut dengan antusiasme luar biasa dan kacamata tersebut bukanlah sekedar gosip biasa.

Sepertinya, Google memang serius untuk mengembangkan teknologi ini. Harian The New York Times tampaknya telah berhasil melacak rencana Google. Di bulan Februari, harian tersebut memperkirakan bahwa Google akan segera merilis produk terbarunya tersebut pada tahun 2012. Namun, The New York Times tidak mencantumkan tanggal dan bulan yang lebih detil.

Namun, tampaknya tidak semua orang tertarik dengan apa yang Google lakukan lewat penyebaran video tersebut. Lewat situs wired.com, beberapa ahli mengatakan bahwa Google tidak bisa memberikan teknologi seperti apa yang mereka tampilkan di dalam video yang dirilis di YouTube.

“Dalam sebuah video palsu, Google bisa saja membuat gosip dan menaikkan antusiasme para gadget-freak di seluruh dunia,” ucap Blair MacIntyre, direktur dari Augmenten Environments Lab di Georgia Tech. “Google telah memberikan sebuah harapan palsu bagi penggemarnya.”

Pranav Mistry, seorang peneliti dari MIT Media Lab, juga mempunyai pendapatnya sendiri mengenai video tersebut. “Dengan layar yang kecil, Anda tidak bisa mengharapkan perasaan yang sama seperti yang digambarkan di dalam video tersebut,” ucap Mistry, seperti dikutip dari SixthSense.

Sekedar rumor atau memang Google tengah mengembangkan proyek rahasia? Memang hanya waktu yang bisa membuktikan.

Sumber:

Previous articleGaya Juri Indonesian Idol Paling Dikenang
Next articleFacebook Akan Rilis Tombol “Benci”?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.