Gaya Juri Indonesian Idol Paling Dikenang

    1038
    0

    TEGURAN terhadap gaya menjuri Ahmad Dhani dan Anang yang dinilai melecehkan kontestan, menghiasi berbagai media.

    Kelugasan dan kecuekan mereka menilai kemampuan kontestan plus cara si kontestan membawakan diri atau berpenampilan juga cukup berani. Hal ini menggelitik kami untuk membedah gaya juri Indonesian Idol yang paling dikenang dari tahun ke tahun.

    Dari sejumlah tokoh musik tanah air yang sudah menjadi juri Indonesian Idol sepanjang 8 season penyelenggaraan ajang ini, mereka yang paling kami kenang.

    indra11• Indra Lesmana
    Cool, tenang, tapi tidak terlalu teknis. Meski Indra sendiri seorang musisi yang sangat “hafal” jalur-jalur tangga nada, ayah dari Eva Celia ini cenderung mengandalkan kedalaman seorang penyanyi dalam tiap penilaiannya. “Menyanyi yang enak bukan cuma suara bagus, tapi juga enak cara menginterpretasikan dan harus ada soul nya.” Itu kata-kata andalan Indra. Kalau memang bagus, kadang Indra cuma berkata singkat “Itu tadi bagus sekali.” Sama seperti umumya musisi bertalenta tinggi, Indra Lesmana sangat peduli dengan ciri khas. Berkali-kali dia menyebut Nania lebih memiliki ciri khas dibanding Joy Tobing. Dan dia juga yang menemukan kekhasan Ihsan Tarore dengan suara nge-bas nya sampai akhirnya dia menjadi juara.

    titi12Titi DJ
    You go girl!” itu kata yang diusung Titi saat mendukung kontestan wanita favoritnya. Tapi yang membuat Titi jadi perhatian adalah kesetiaannya mendukung kontestan yang dia anggap punya potensi. Berpihak? Bisa jadi. Tapi kami menilai itu sebagai insting pemandu bakat yang dimiliknya. Titi pendukung setia Dirly. Tapi enggak cuma dipuji, Titi rajin memecut Dirly dengan kata-kata tajam agar ada kemajuan. Air mata Titi DJ juga yang memuluskan langkah Januarisman alias Aris menjadi juara Indonesian Idol 5. Pendukung cara menjuri Titi Dj pastilah akan sangat terkenang dengan gaya rambut dan aksesorisnya yang berubah-ubah tiap minggu. Bahkan ketika sedang menolak kontestan di ruang penjurian pun Titi DJ tetap manis dan menyenangkan “Kamu kelihatan sekali suka menyanyi, tapi……coba lagi tahun depan. ”.

    • Meuthia Kasim
    Gelar si mulut silet lebih pantas diberikan pada wanita yang satu ini dibanding juri manapun. Ini bukan cercaan, tapi itu memang yang membuat Meuthia patut dikenang dan dirindukan. Dia boleh dibilang sebagai ibunya “Faktor X” Indonesian Idol. Banyak kontestan bersuara merdu tersedu-sedan karena tumbang di babak penjurian daerah. Bagi Meuthia penampil berpaket lengkap juga memasukan tampang sebagai salah satu faktor. Komentar-komentar Meuthia pun cukup dahsyat dan aneh? “Suara kamu nggak banyak dekorasinya.” Itu satu contoh.  Untuk delon yang angot-angotan di penampilan awal babak Spektakuler dia bilang. “Kamu manis seperti melon (mengacu pada tampang), tapi suara tidak.” Meuthia Kasim memang sering memberi penilaian yang berbeda, tapi dia punya insting yang kuat. Dalam kondisi kesehatan yang belum pulih setelah sakit, dia datang ke Balai Sarbini di babak 5 besar Indonesian Idol 3 dan menilai Ihsan akan juara. Ssst, tapi mbak yang satu ini asyik juga lho. Waktu audisi dari kota ke kota, saat juri belum mood diwawancara, beliau selalu siap sedia hadir ke ruang wartawan dan siap mennjawab pertanyaan yang dilontarkan.

    dimas-jay32• Dimas Djayadiningrat
    Sebelum orang ramai mengomentari rambut Syahrini, Dimas Djayadiningrat sudah sibuk mengomentari tata rambut anak-anak Indonesian Idol seperti jambul Nania yang super besar, atau rambut ubur-uburnya Karen Theresia. Dimas juga mendahului Anang dan Dhani. “Kamu tampak tomboy.” Pada komtestan pria yang dianggap terlalu feminine, hehehe. Ooops.

    anang-ii82

    • Anang Hermansyah
    Awalnya Anang banyak dikritik karena  lebih banyak membandingkan kontestan Indonesian Idol dengan KD. Apa-apa “Kalau Yanti sih….” Tapi berjalannya waktu komentar-komentar Anang semakin ditunggu. Karena dia cuek meski penonton menyoraki gaya menjurinya. Sekarang? Kayaknya makin disuka tuh.

    agnes-ii82• Agnes Monica
    Agnes sering membawa pengalaman-pengalam pribadi di setiap wejangannya. Yang terakhir kami ingat. “Kalau nggak mau sakit, kamu harus pintar rmenjaga diri.” Dia juga yang mempelopori kata maaf dan terima kasih di kursi juri.

    ahmad-dhani-ii82•Ahmad Dhani
    So far, lucu, nyebelin, cuek, dan seenaknya. Sebagai tontonan, ia juga asyik. Seringkali komentar Dhani sekadar idem. Tapi saat serius, ia bisa mengeluarkan berkomentar berbobot. Kariernya bermusik lebih dari 20 tahun dan berpengalaman melahirkan musisi-musisi baru lewat manajemen maupun band-nya, membuat Dhani memang sosok yang pas mengawal ajang pencarian bakat baru ini.  Perjalanan masih panjang. Siapa  tahu memang dia berhasil membawa Indonesian Idol melahirkan Superstar yang sesungguhnya.

    Ya, Indonesian Idol masih memiliki juri lain. Tapi memang mereka saja yang sangat dikenang.

    Sumber:

    • http://www.tabloidbintang.com/extra/top-list/52579-gaya-juri-indonesian-idol-paling-dikenang.html
    Previous articleAnggrek Hantu, Apakah Seseram Namanya?
    Next articleGoogle Glasses Ciptakan Kehebohan
    Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.