Home Serba Serbi Penelitian Bicara Sendiri Bisa Bantu Temukan Barang

Bicara Sendiri Bisa Bantu Temukan Barang

873
0

Berbicara kepada diri sendiri biasanya tanda-tanda pertama kegilaan tapi sebuah penelitian menunjukkan hasil yang berbeda. Berbicara sendiri keras-kerasnya bisa membantu menemukan barang yang hilang.

Penelitian Universitas Pennsylvania menunjukkan bahwa berkeliaran sambil bergumam, “kunci, kunci, kunci” benar-benar dapat membantu orang waras menemukan benda yang hilang.

Mengucapkan sebuah kata dapat membantu memfokuskan pikiran seseorang untuk mencari barang dan cara itu bekerja lebih efektif dibandingkan melihat deskripsi tertulis. Mengucapkan kata berulang-ulang dapat membantu bahkan lebih.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan anak-anak berbicara sendiri ketika melakukan pekerjaan selangkah demi langkah, seperti mengikat tali sepatu, yang dapat membantu membimbing perilaku mereka dan membiarkan mereka fokus pada pekerjaan tangan.

Namun, para ilmuwan tidak yakin apakah berbicara dengan suara keras bisa membantu orang dewasa menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang sama, terutama ketika mencari objek tertentu.

Prof Gary Lupan dan Prof Daniel Swingley, menulis untuk Quarterly Journal of Experimental Psychology, percaya pada saat Anda kehilangan kunci Anda, dengan bergumam ‘kunci, kunci, kunci’ sambil mencarinya sebenarnya bisa membantu Anda menemukannya.

Penelitian ini terinspirasi dari melihat orang yang bergumam sendiri ketika mereka mencoba menemukan barang-barang di supermarket seperti selai kacang. Alhasil, para peneliti melakukan dua percobaan untuk melihat apakah ini benar-benar bekerja.

Pertama, peserta ditunjukkan 20 foto dari berbagai objek dan diminta untuk menemukan salah satunya, dengan melihat label teks yang memberitahu mereka apa yang mereka cari. Para peserta kemudian diminta mencari benda lagi sambil mengoceh sendiri, yang hasilnya menunjukkan bicara keras-keras bisa membantu orang menemukan barang lebih cepat.

Percobaan kedua melihat peserta berbelanja virtual, dengan menunjukkan mereka foto-foto barang yang biasa ditemukan di rak-rak supermarket. Mereka diminta untuk menemukan semua contoh barang tertentu, jadi jika mereka diminta apel, mereka harus menemukan semua kantong apel, secepat mungkin.

Peneliti dari University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania menemukan ada keuntungan dalam mengucapkan nama produk dengan suara keras ketika mereka mencari sesuatu yang sudah akrab.

Sumber:

Previous articleSejarah Kamera di Ponsel – Hadiah dari Ayah untuk Anaknya
Next article‘Hantu’ yang Posting Status di Facebook
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.