Home Tips Teknik Dasar Merebus Makanan

Teknik Dasar Merebus Makanan

889
0

SELAMA memasak, Anda pasti menemukan teknik memasak merebus. Bagaimana mengaplikasikan teknik ini agar Anda semakin terlatih?

Memasak dibutukan eksplorasi kreatif di antaranya pada pengaturan suhu air. Mungkin selama kegiatan memasak Anda menemukan masalah saat santan menjadi pecah ketika dididihkan, kenalilah penyebabnya.

Berikut ini beberapa teknik dasar merebus, seperti dilansir Huffingtonpost, Kamis (23/3/2012):

Mendidih perlahan

Beberapa dari kita mungkin ingin cepat merebus bahan makanan hingga membesarkan suhu api. Padahal, cara ini akan menghilangkan cita rasa masakan. Bila resep mengharuskan pemasakan yang lambat, itu tandanya Anda harus memasak dengan suhu api kecil.

Merebus

Bila ingin mengolah makanan dengan cara direbus, itu artinya Anda harus menggunakan suhu api besar, buih-buih air harus mencapai bagian atas. Bila setelah bahan makanan dimasukkan, resep mengharuskan prosesnya perlahan, maka Anda harus menurunkan suhu api.

Jumlah maksimum buih

Mendidih adalah ketika air telah mencapai titik didih maksimal dan banyak buih yang dihasilkan. Artinya, seberapa tinggi suhu api yang Anda tambahkan, buihnya tetap tidak akan bertambah. Anda akan membutuhkan air mendidih seperti ini ketika merebus pasta, jadi pastikan durasinya agar tidak lembek.

Mengkilapkan buah dan sayuran

Teknik ini biasanya digunakan untuk olahan buah-buahan dan sayuran agar menghasilkan kilap dan untuk menghilangkan rasa pahit. Anda cukup menaruh bahan-bahannya ke dalam air mendidih selama beberapa detik saja, satu atau dua menit, lalu pindahkan ke dalam air dingin untuk menghentikan panas.

Sumber:

Previous articleTips Atasi Kecanduan Minum Kopi
Next articleRahasia Seduh dan Minum Teh Lebih Nikmat
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.