Home Serba Serbi Unik Serangga itu Renyah dan Gurih Loh !

Serangga itu Renyah dan Gurih Loh !

659
0

Sebuah penelitian di Eropa menyatakan bahwa serangga yang memiliki hampir 30 juta spesies ini memiliki kandungan protein tinggi. Banyak orang merasa jijik dengan beberapa spesiesnya yang hidup dan bergelimang dalam kotoran.

Namun penelitian tersebut dilakukan dalam rangka mencari sumber pangan alternatif, walaupun sebenarnya di beberapa negara selain Eropa jenis serangga tersebut sudah menjadi makanan yang umum. Misalnya kalau di Indonesia ada bothok laron, dan oseng-oseng jangkrik. Sedangkan di Thailand kecoak pun dimakan.

Hasil riset tersebut menemukan bahwa kandungan protein cacing ternyata 3 kali lebih tinggi dari pada daging sapi per ons nya. Bahkan 4 ekor jangkrik, binatang yang suka mengerik itu, memiliki kandungan kalsium yang setara dengan segelas susu sapi.

Keuntungan mengkonsumsi serangga sebagai sumber protein amat banyak. Dari mulai pengembangbiakan yang tidak butuh banyak biaya dan tidak menimbulkan limbah bagi lingkungan seperti beternak sapi atau babi.

Serangga pun tidak memerlukan tempat luas untuk hidup. Beberapa ahli mengatakan bahwa penggunaan serangga sebagai salah satu sumber protein tidak mungkin dihindari, sejalan dengan semakin tingginya biaya ternak hewan lain, juga dampak terhadap lingkungan hidup.

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa mengkonsumsi serangga sebenarnya sudah menjadi budaya di beberapa belahan dunia seperti Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Asia, Timur Tengah, Australia dan Selandia Baru. Dan istilah untuk menikmati serangga adalah entomophagy.

Untuk memulai kampanye makanan sehat jenis serangga ini, semut, belalang dan juga lebah madu mulai dimasukan dalam menu di London Archipelago Restaurant, sebuah restoran yang menyajikan makanan sehat alami. Biasanya label untuk makanan tersebut adalah ‘Makanan Tinggi Protein’, tanpa menuliskan jenis serangga yang digunakan untuk membuatnya.

Beberapa kemasan dan cara menikmati serangga adalah, dengan permen. Seperti kalajengking California yang sudah tidak berbisa ini dibungkus dalam lapisan permen. Larva yang dibungkus dengan permen atau cokelat dengan berbagai rasa.

Di Thailand, jangkrik yang sarat dengan telur dianggap sebagai makanan ringan paling lezat. Jangkrik tersebut akan ditangkap, dibersihkan, dikeringkan, dimasak, dan rasanya sedikit asin. Sekantong jangkrik yang siap dimakan bisa dibeli dengan harga sekitar 60 ribu.

Tawon dan beberapa larva di Eropa dijadikan toping pizza. Sementara untuk menikmati capung, buatlah Taco capung ala Mexico. Kalau masih ingin menikmati rasa asli Indonesia, cobalah oseng-oseng belalang dan bothok laron. Jika Anda punya nyali, selamat menikmati kerenyahan dan gurihnya serangga.

Sumber:

Previous articleCiri Cewek Suka Sama Cowok Dilihat Dari Bahasa Tubuhnya
Next articleDaftar Turis Paling Menyebalkan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.