Home Kesehatan Mana Lebih Efektif? Tabir Surya atau Sunblock

Mana Lebih Efektif? Tabir Surya atau Sunblock

691
0

BANYAK orang tergelincir dalam persepsi abu-abu dalam memahami tabir surya dan sunblock. Untuk lebih mengenalinya, simak ulasan lengkapnya berikut.

Fungsinya yang berbeda tipis membuat tabir surya dan sunblock sering banyak salah dipersepsikan orang dalam penggunaannya. Namun di balik itu sebenarnya terdapat persamaan bahwa kedua item tersebut sama-sama menjadi perisai kulit dari terpaan sinar UV. Untuk dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, mengenali masing-masing produk tersebut dapat menjadi pilihan. Kenali lebih lanjut mengenai produk tersebut lewat paparan berikut dari Times of India.

Tabir Surya : Peredam

Apakah tabir surya? Menurut ahli kecantikan dan dokter kulit, Dr Udhay Sidhu dari Apollo Hospital, Bangalore, tabir surya akan meresap ke dalam kulit sehingga dapat menahan radiasi UV. Keuntungan yang dimiliki dari tabir surya yakni kandungannya yang terdiri dari blocker kimia seperti oxybenzone, avobenzone, dan sulisobenzone.

Dr Sidhu mengatakan ketika membeli tabir surya sebaiknya Anda menghindari produk yang mengandung bahan-bahan seperti ara-aminobenzoic acid dan paraben.” Bahan kimia ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal dan masalah kulit lainnya.”

Sunblock : Reflektor

Apa itu sunblock? Dr Sidhu mengatakan bahwa sunblock memberikan perlindungan kulit baik terhadap terpaan sinar UVA dan UVB. Sunblock berfungsi menjadi reflektor dari radiasi sinar berbahaya tersebut sebelum menyentuh kulit Anda. Sunblock cenderung berminyak dan kental serta dapat menyebabkan reaksi sedikit alergi pada kulit.

Dr Sidhu menjelaskan, ” Carilah produk yang memiliki kandungan broad spectrum dimana dapat melindungi kulit terhadap UVA dan UVB, memiliki sunscreen yang tahan terhadap air dan minimal mengandung SPF 15. Sementara bagi Anda yang memiliki kulit lebih terang, Dr Sidhu menyarankan untuk menggunakan produk dengan SPF yang lebih tinggi.

Sunscreen yang terdapat dalam sunblock berfungsi untuk meredam sinar matahari yang menerpa sehingga ancaman terhadap kerusakan akibat kerusakan sinar tersebut dapat diminimalisir. Tak hanya itu, sunblock juga dapat mengurangi penuaan, bintik-bintik cokelat dan kanker kulit serta keriput.

Sumber:

Previous article10 Mobil Terbaik yang Menggunakan Air Sebagai Bahan Bakar
Next articleSejarah Menarik di Balik Donat
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.