Home Serba Serbi Inspirasi Komik-komik Ini Laku Rp 31,5 Miliar

Komik-komik Ini Laku Rp 31,5 Miliar

658
0

Jangan pernah menyepelekan nilai sebuah komik. Di Amerika, kumpulan komik milik Bil Wright, kolektor asal Dallas, laku dijual hingga US$ 3,5 juta atau sekitar Rp 31,5 miliar. Komik-komik langka itu ia kumpulkan sejak 1936, saat ia berumur 9 tahun, hingga akhir hayatnya pada 1994.

‘Detective Comic’ No. 27 terbitan tahun 1939. bornrich.com

Tingginya nilai komik-komik itu terungkap dalam pelelangan yang dilakukan lembaga Heritage Auction Dallas. Sebanyak 227 dari 345 komik milik Wright laris manis dengan harga per item tak kurang dari US$ 250 ribu. Sisanya akan dijual secara online dengan harga tak kurang dari US$ 100 ribu.

Maklum saja, komik-komik ini memang langka dan bersejarah. Beberapa koleksi Wright antara lain edisi pertama Batman dan Superman yang terbit pada 1940. Penawaran tertinggi jatuh pada Detective Comic No. 27 yang terbit tahun 1939 dengan harga US$ 523 ribu. Sedangkan komik Batman dan Captain America yang terbit pada 1940 hingga 1941 masing-masing laku seharga US$ 275 ribu dan US$ 114 ribu.

Menurut Lon Allen, Managing Director Dallas Heritage Auctions, koleksi Wright menuai harga tinggi karena masuk dalam daftar 100 buku paling dicari dan terbit pada masa keemasan komik, 1930-an. Nilai koleksi itu pun semakin tinggi karena dikumpulkan dan dirawat dengan baik oleh seseorang dari masa kanak-kanak hingga ia wafat di usia 66 tahun. “Hal ini mendapat tempat tersendiri dalam sejarah kolektor komik dan buku,” kata dia seperti dikutip Associated Press, Kamis 23 Februari 2012.

Yang paling bahagia tentulah ahli waris sang kolektor. Adalah Michael Rorrer, keponakan Wright, yang menemukan koleksi-koleksi langka ini. Rorrer mendapati komik-komik itu tersusun rapi dalam sebuah rak di ruang bawah tanah rumah sang paman tahun lalu. Saat itu ia tengah membenahi rumah sesaat setelah istri Wright meninggal dunia. “Menakjubkan begitu kita tahu nilai benda-benda ini,” ujarnya.

Sumber:

Previous articleLima Tanda Si Dia Tak Cinta
Next articleMengurai Benang Kusut Ala Teknik Doodle
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.