Home Kesehatan Kenali Influenza dari Jenisnya

Kenali Influenza dari Jenisnya

794
0

INFLUENZA atau sering kita sebut flu merupakan penyakit yang sering muncul terutama di musim pancaroba seperti sekarang.

Matahari yang terik tiba-tiba berganti hujan deras. Jika tak menjaga kondisi tubuh, penyakit flu mudah menyerang. Apalagi bila kita kerap bersentuhan dengan banyak orang, yang mungkin saja sudah terkena flu.

Banyak yang mengira flu penyakit biasa yang muncul sesekali dan kerap ditangani apa adanya. Padahal, selayaknya penyakit lain, flu tak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu diperlukan pemahaman lebih soal flu dan jenisnya.

Virus Influenza

Virus Influenza terdiri dari tipe A, B, dan C. Lima belas subtipe diketahui dapat menginfeksi unggas. Seluruh wabah dari bentuk influenza yang sangat patogenik berasal dari virus influenza tipe A dengan subtipe Haemaglutinin H5 dan H7. Jenis subtipe influenza A juga dilihat dari Neuraminidase. Virus avian yang saat ini menyerang kawasan Asia merupakan subtipe H5N1.

Influenza Biasa

* Influenza sering disebut sebagai penyakit infeksi yang mudah menular yang disebabkan virus influenza tipe B. Virus ini menyerang saluran pernafasan. Penularan terjadi melalui udara pada saat berbicara, batuk, dan bersin. Influenza sangat menular selama 1-2 hari sebelum gejalanya muncul. Hal ini menyebabkan penyebaran virus ini sangat cepat dan sulit dihentikan.

* Influenza harus dibedakan dengan batuk pilek (common coldred). Batuk pilek umumnya bersifat ringan, tanpa komplikasi. Gejala influenza biasanya timbul dengan mendadak, terdiri dari gejala saluran pernafasan dan gejala sistemik: demam, mialgia, sakit kepala, malaise berat, batuk non produktif, sakit tenggorokan, dan rinitis. Gejala influenza umumnya berlangsung beberapa hari. Meskipun batuk dan malaise biasanya terjadi bisa lebih dari 2 minggu. Di negara tropis, influenza biasa terjadi sepanjang tahun.

* Gejala. Umumnya, orang yang terkena influenza akan mengalami demam dengan suhu 38 derajat celcius, sakit kepala, sakit otot di sekujur badan, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk. Badan yang menjadi lemah biasanya membuat penderita influenza tidak bisa melakukan aktivitas harian seperti sekolah dan bekerja.

Seberapa Seriuskah Influenza Biasa?

Influenza juga seserius avian flu kalau tidak diperhatikan. Bahkan influenza dapat menyebabkan pula kematian pada penderita dengan spesifikasi: Usia lanjut (di atas 60 tahun-red), anak-anak penderita asma, penderita penyakit kronis seperti paru, ginjal, jantung dan diabetes, penderita gangguan sistem kekebalan tubuh.

Kalau Anda yang Terkena Virus Influenza?

* Istirahat. Kata orang, flu tak ada obatnya. Dokter yang kita datangi saat sakit flu, biasanya hanya memberikan vitamin dan obat penekan gejala flu dan batuk.

* Minum banyak cairan. Teh herbal, wedang jahe dan air mineral sangat baik untuk penderita flu karena membantu menghilangkan lendir.

* Konsumsi vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini tak berfungsi mengobati, tapi mengurangi keparahan dan memperpendek masa inkubasi.

* Tambahkan madu dalam jeruk atau minuman hangat Anda. Madu dipercaya mengandung zat yang dapat membunuh virus influenza dan menyembuhkan.

* Ramuan tradisional. Flu biasanya diikuti dengan batuk. Untuk mengurangi batuk dan gatal di tenggorokan, Anda bisa menggunakan campuran madu dan lidah buaya. Jahe hangat atau makanan yang mengandung mint dan sirih juga bisa menghilangkan rasa tak enak ditenggorokan. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial yang mengandung eucalyptus dan menthol.

* Pilih obat flu yang tepat. Pilih obat flu yang mengandung analgesik dan antipiretik (paracetamol), dekongestan (pseudoefedrin HCL), dan antihistamin (chlorpheniramine maleat).

Sumber:

Previous articleUngkap Rahasia Kepribadian Wanita dari Pakaiannya
Next articleLangkah Awal Perbaiki Bumi
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.