Home Teknologi 5 Suara Teknologi yang Mulai Punah

5 Suara Teknologi yang Mulai Punah

1001
0

Suara punya kemampuan yang ajaib. Mendengar derum mobil tua atau suara kelebatan bola api dari film fiksi, bisa membuat orang merasa kembali ke masa lalu.

Tapi di luar pikiran kita, suara memiliki umur yang lebih pendek, khususnya yang berkaitan dengan teknologi. Seiring evolusi elektronik, suara juga turut berubah. Ada banyak dering, bunyi “tit”, dan desis yang punya nilai emosional di dalam otak kita. Dan semua itu tidak lagi akan memiliki kaitan pada anak-anak di masa depan.

Diwartakan IT World, Minggu (25/3/2012), berikut adalah beberapa suara dari teknologi yang segera menuju kepunahan.

1. Suara Disket Floppy

Siapa yang tidak ingat suara “klik” yang muncul ketika memasukkan disket 5,25 inci ke dalam komputer? Anda bahkan bisa menghitungnya sampai data dalam disket bisa dijelajahi.

Zaman sekarang, tentu saja disket 5,25 inci sudah tergantikan oleh flash drive serta komputasi awan. Dua teknologi tersebut telah membantu membuat disket raksasa berbentuk kotak itu menjadi usang. Dan pada saat balita zaman ini telah dewasa, disket 5,25 inci sudah jadi artifak tak dikenal dari masa lalu.

2. Suara Telepon Putar

Zaman dahulu, untuk bisa menghubungi sebuah nomer telepon, kita tidak memasukkan nomer tujuan dengan cara menekan tombol. Waktu itu, jari kita harus memutar tiap angka yang dituju. Melelahkan, tapi tentu saja belum ada pilihan lain.

3. Suara Tuner Radio Antik

Dengungan bernada tinggi dan statis. Musik yang samar-samar terdengar. Hal tersebut muncul ketika Anda mencari frekuensi radio AM secara manual. Dan kini, suara tersebut telah menjadi sesuatu begitu langka terdengar.

4. Suara Mesin Tik

Menggunakan keyboard komputer untuk mengetik rasanya cenderung kurang musikal. Bandingkan dengan mesin tik zaman dulu. Sambil mengetik, Anda akan mendengar bunyi “Klik. Klak. Klik. Klak. Trriiiing.” Dan kini, setelah komputer menggantikan peran mesik tik, suara tersebut telah menjelang kepunahannya.

5. Suara Video Game Klasik

Video game tidak selalu memiliki musik latar. Cobalah permainan Pong orisinil pada konsol Atari. Anda tidak akan mendengar musik. Dalam permainan itu, hanya ada sedikit efek suara ditambah kesunyian. Dan untuk ukuran zaman sekarang, ini tentu sesuatu yang aneh.

Sumber:

Previous articlePerbedaan Headset, Headphone, Backphone, dan Earphone
Next articleLima Cara Sederhana Redakan Batuk
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.