Home Berita Terkini 1 April 2012, E-KTP Tidak Gratis Lagi !

1 April 2012, E-KTP Tidak Gratis Lagi !

590
0

BANJARMASINPOST.CO.ID, SOLO – Mulai 1 April 2012 proses rekam data pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) sudah tidak lagi gratis.

Hal ini dikarenakan dana dari Pemerintah Pusat hanya berlaku sampai 31 Maret 2012. Nantinya, biaya rekam data E-KTP diperkirakan antara Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Untara mengatakan pihaknya siap menurunkan besaran retribusi pembuatan E-KTP apabila dipandang memberatkan warga, kepada wartawan di Solo, Jumat.

Ia mengatakan, jika nominal tersebut dinilai memberatkan masyarakat, pihaknya siap menurunkan biaya rekam data E-KTP. Namun, untuk dapat menurunkan biaya tersebut, harus ada kesepakatan antara Pemkot Surakarta dengan DPRD setempat.

“Jika Pemkot dan DPRD menyepakati harga sekian, misal nilainya di bawah harga standart lelang, maka harus ada subsidi dari APBD,” katanya.

Saat ini biaya retribusi pembuatan KTP reguler sebesar Rp5 ribu. Biaya tersebut diatur dalam Perda No 9/2011 tentang Retribusi, sehingga jika dilakukan perubahan besaran retribusi harus dilakukan revisi Perda.

“Nantinya Perda harus direvisi, karena dalam Perda disebutkan secara spesifik pungutan retribusinya Rp 5 ribu,” katanya.

Untara menjelaskan saat ini proses rekam data E-KTP di Kota Solo sudah dinyatakan selesai pada 24 Maret 2012 lalu. Dari 350.365 wajib KTP di Kota Solo, 98,82 persen di antaranya atau sekitar 346 ribu warga telah menjalani rekam data E-KTP.

Ia mengatakan, hal ini berarti hanya tinggal 1,18 persen wajib KTP atau sekitar 4 ribu warga yang belum melakukan rekam data.

“Warga yang belum rekam data ini kebanyakan berada di luar kota, difabel, atau sudah sangat tua,” katanya.

Sementara itu, kalangan dewan menilai, biaya rekam data E-KTP sebesar Rp30 ribu hingga Rp40 ribu tersebut terlalu besar dan memberatkan masyarakat. Dewan memberi opsi retribusi E-KTP sebesar Rp 10 ribu dengan subsidi APBD.

“Retribusi E-KTP tidak perlu sampai Rp40 ribu. Jumlah ini sangat besar dan dimungkinkan membebani masyarakat,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Supriyanto.

Sumber:

Previous articleYang Bahaya dan Beracun Itu Tomcat Betina!
Next articleTempat Para Hamba Berkuasa
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.