Home Berita Terkini Pinterest, Media Sosial Anyar yang Menggigit

Pinterest, Media Sosial Anyar yang Menggigit

501
0

Tahun Naga Air di dunia maya diwarnai riuhnya pembicaraan jejaring media sosial anyar, Pinterest. Media sosial yang menjadi buah bibir di tahun 2012 ini berhasil menjaring 10 juta pengguna. Padahal, media ini hanya memiliki 12 pegawai saja.

Tapi apa sebenarnya Pinterest? Melalui situs pinterest.com, mereka menggambarkan dirinya sebagai media sosial tempat mengumpulkan foto dan tautan produk untuk berbagi. Semacam instagram yang sudah hadir di sistem operasi Apple. Bagi pengguna baru, situs ini mewajibkan mereka mendaftar dengan sistem undangan. Daftarkan e-mail dulu, baru setelah dikonfirmasi akan ada undangan dari Pinterest.

Lalu, apa untungnya bergabung dengan Pinterest? Tentunya itu pilihan tiap individu. Bagi penyuka fotografi, bergabung dengan Pinterest tentu menyenangkan. Sebab, tersedia banyak kategori foto atau video yang bisa diikuti. Pemilik akun pun bisa mengunggah hasil karya mereka dan mendapat komentar dari para pengikutnya.

Pinterest menawarkan kategori yang bisa diikuti mulai dari arsitek, seni, makanan, dan minuman, hingga perjalanan. Yang jelas, di sini tidak bisa mem-posting curhatan atau status.

Seperti halnya jejaring media sosial, fasilitas berbagi tentu jadi fokus. Di Pinterest, setiap karya yang tampil bisa mendapat komentar, tanda cinta (like), dan Repin (semacam re-tweet). Bagi karya yang menarik, biasanya mendapatkan perhatian yang banyak pula. Foto, brosur, video yang muncul di Pinterest bisa pula dibagikan melalui Twitter dan Facebook. Tertarik bergabung? Silakan meluncur ke pinterest.com.

Pinterest ‘Ngehit’, Mark Zuckerberg Terjangkit

Jejaring media sosial anyar Pinterest berhasil menarik minat para pengguna Internet di Amerika Serikat. Tercatat 10 juta pengunjung dari Amerika Serikat mampir ke situs berbagi foto, video, dan karya dua dimensi ini.

Menurut situs Mashable.com, jumlah pengunjung Pinterest bertambah lebih cepat dibandingkan dengan situs independen lainnya yang pernah ada di Amerika Serikat. Sejumlah merek besar juga ikut bergabung dalam Pinterest, seperti GAP, Unicef, dan Majalah People.

Pinterest berhasil meningkatkan dana hingga US$ 37,5 juta (Rp 337 miliar). Jumlah pengguna harian meningkat hingga 145 persen sejak awal 2012, mengungguli YouTube, Google+ dan Linkedin.

Bahkan, militer Amerika Serikat ikut bergabung dalam situs ini. Direktur Divisi Daring dan Sosial Media Militer Amerika Serikat Juanita Chang menuturkan pentingnya bergabung bersama Pinterest. ” Kami sadar setiap media sosial memiliki penggemar yang berbeda,” ujar dia seperti dikutip Mashable.com.

Dengan bergabung bersama Pinterest, Chang menguraikan, ada pula pemirsa yang unik yang mungkin belum tersentuh dengan media sosial lainnya. “Kami selama ini berpikir sebagian besar pengikut kami adalah pasangan para tentara,” ujar dia. Tapi bukan berarti, pengikut kami akan menarik khalayak luas, tidak hanya perempuan.

Ketertarikan yang sama juga datang dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Mark yang memiliki akun www.pinterest.com/zuck ternyata ikut bergabung dengan mengikuti 10 akun. Tapi dia tidak terlalu aktif dan sangat sedikit mem-posting di media ini. Profil Zuckerberg di Pinterest pun bertautan dengan profil Facebooknya.

Sumber:

Previous articleDulu Matahari Lebih Besar dan Lebih Terang
Next articleCoretan Saat Kita Iseng Ternyata Memiliki Makna
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.