Home Serba Serbi Sejarah Penemuan Kuil Ratu Bilqis

Penemuan Kuil Ratu Bilqis

934
0

Sekelompok arkeolog dari Inggris terkejut dengan penemuan tambang emas beserta reruntuhan kuil, yang bisa saja menjadi kunci memecahkan misteri ratu Bilqis, dari kerajaan Sheba.

Seperti diwartakan Dailymail, Rabu (15/2/2012), ratu Bilqis adalah pemimpin kerajaan Sheba yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Injil. Wilayah kekuasaannya membentang antara Ethiopia dan Yemen di zaman sekarang.

Tambang emas kuno yang ditemukan bersama reruntuhan kuil tersebut, berada di dataran tinggi Gheralta di utara Ethiopia. Pintu masuknya tersembunyi di balik batu berukuran enam meter (20 feet) atau papan dengan ukiran Matahari dan Bulan sabit, yang merupakan lambang sang ratu.

“Saya merangkak di bawah batu sambil mewaspadai ular kobra sepanjang dua meter, yang katanya hidup di sekitar sana. Dan saya pun akhirnya berhadapan dengan sebuah prasasti bertuliskan bahasa Sabaean, yaitu bahasa yang digunakan oleh ratu Bilqis,” tandas Louise Schofield, pimpinan penggalian situs purbakala tersebut.

Di dekat situs tersebut, dia juga menemukan beberapa bagian pilar dan batuan berukir dari sebuah kuil yang terkubur. Kuil itu sendiri diyakini sebagai kuil untuk dewa Bulan. Selain itu, penggalian juga mengungkap keberadaan situs peperangan purbakala yang ditemukan di dekatnya.

Kerajaan Sheba adalah sebuah peradaban dari abad ke delapan sebelum masehi, yang bertahan selama satu milenium dan mencapai kesejahteraan melalui perdagangan rempah-rempah dengan Jerusalem dan kerajaan Romawi.

Sedangkan ratu Bilqis sendiri merupakan sosok legendaris yang dalam Al-Qur’an dan Injil diceritakan kunjungannya pada Sulaiman, membawa rombongan yang sangat besar dengan unta-unta yang memanggul rempah-rempah, serta begitu banyak emas dan batu mulia.

Sumber:

  • http://berita.plasa.msn.com/teknologi/okezone/article.aspx?cp-documentid=5886308
Previous articleKuku Panjang, Yes or No?
Next articleBunga Poppy, Cantik tapi Mematikan
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.