Home Kesehatan Kacang dan Bawang Putih Mampu Cegah Ketombe

Kacang dan Bawang Putih Mampu Cegah Ketombe

706
0

Ketombe memang selalu bikin risih. Selain gatal, penampilan juga bisa jadi berantakan. Jangan senewen dulu jika ketombe tak hilang walaupun sudah melakukan berbagai perawatan. Jangan-jangan, ada yang salah dengan asupan nutrisi dalam tubuh!

Ketombe berasal dari kulit kepala yang mengelupas dalam jumlah berlebihan. Untuk menghilangkannya, perawatan luar harus dibarengi dengan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Buat yang berketombe ataupun ingin cegah ketombe, cobalah perhatikan hal-hal berikut ini.

1.Tambah asupan zinc

Zinc atau zat seng efektif dalam mengontrol produksi minyak pada kulit (sebum) yang bisa menyebabkan kulit kepala berketombe. Zat seng bisa ditemukan di beberapa makanan seperti tiram, daging merah, dan juga olahan unggas. Selain daging, zinc juga ditemui dalam kacang dan biji-bijian.

2.Kurangi konsumsi gula

Ketombe sering berhubungan dengan candida yeast, atau jamur yang hidup di bagian tubuh yang lembab dan mudah berkeringat. Konsumsi gula yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan jamur ini secara berlebihan. Kurangilah makan makanan bergula, agar pertumbuhan jamur pada kulit kepala tidak berlebih.

3.Makan bawang putih

Bawang putih, bawang merah dan kerang mengandung allicin yang baik bagi tubuh. Allicin adalah salah satu senyawa yang mampu melawan jamur penyebab ketombe. Allicin dihasilkan dari bawang putih yang telah dicincang atau dihaluskan.

4.Makanan kaya vitamin B

Banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B bisa mengurangi produksi ketombe pada kulit kepala. Proses metabolisme karbohidrat dan asam lemak yang tidak optimal menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tersebut. Makanan yang kaya akan vitamin B antara lain susu, gandum, ikan, dan kacang-kacangan.

Sumber:

Previous article5 Vaksin Wajib untuk Orang Dewasa
Next articleInilah Makanan Terbaik untuk Rambut
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.