Home Kesehatan Bakteri Tanah Buat Perasaan Anda Lebih Bahagia

Bakteri Tanah Buat Perasaan Anda Lebih Bahagia

526
0

Jangan dulu mengonsumsi obat antidepresi, saat kondisi psikologis tidak stabil. Saat Anda mengalami tekanan atau depresi, cobalah untuk berkebun. Menggali dan menyentuh tanah, ternyata bisa berdampak positif pada kondisi psikologis.

Siapa sangka, penyebabnya adalah bakteri mycobacterium vaccae. Bakteri yang terdapat di tanah ini, bersifat seperti antidepresan masuk ke dalam otak dan membangkitkan perasaan Anda. Yaitu, dengan meningkatkan kadar serotonin dan norepinefrin, dua hormon yang membuat Anda lebih bahagia.

Bakteri ini ditemukan secara tidak sengaja 10 tahun lalu oleh Dr Mary O’Brien, seorang ahli onkologi di Royal Marsden Hospital, London, Inggris. Saat itu, ia mencoba bereksperimen untuk keperluan pengobatan kanker paru-paru.

Ia mengembangkan bakteri mycobacterium vaccae, dengan harapan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien tuberkulosis dan lepra. Lalu, pada 2007, pada Journal Neuroscience, dipublikasikan penelitian yang menemukan kalau bakteri tersebut bisa meningkatkan kesehatan emosional, vitalitas, dan fungsi kognitif umum pada pasien.

“Penelitian ini membuat kami memahami, bagaimana komunikasi tubuh dengan otak dan termasuk sistem imunitas sangat penting bagi kesehatan mental,” kata Dr Christopher Lowry, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Shine.

Ia juga mengungkapkan bahwa kalau sering bermain tanah dan terpapar mycobacterium vaccae saat kecil, akan berdampak positif saat dewasa. Jadi, biarkan buah hati bermain tanah dan jangan segan untuk berkotor-kotor dengan tanah demi kesehatan mental Anda. (art)

Sumber:

Previous articleBos Facebook Cuma Digaji 1 Dolar per Tahun ?
Next articleAda Bioskop Khusus untuk Tuna Netra
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.