Home Kesehatan 5 Vaksin Wajib untuk Orang Dewasa

5 Vaksin Wajib untuk Orang Dewasa

710
0

PEMBERIAN vaksinasi berfungsi sebagai sistem imun untuk tubuh. Vaksin tersebut diharapkan dapat menghalau berbagai macam penyakit, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Berikut adalah 5 jenis vaksin yang baik diberikan untuk orang dewasa, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang juga dikutip dari Self Magazine:

1. Human papillomavirus (HPV)

Vaksin ini dianjurkan untuk menghalau virus kanker serviks yang mengancam perempuan. Bagi Abigail Shefer, MD, FACP, seorang ahli epidemologi media dan direktur Ilmu Pengetahuan untuk Immunization Services Division (ISD) di CDC, vaksin ini sebaiknya diberikan kepada perempuan sebelum usia 26 tahun.

2. Vaksinasi flu

Pemberian vaksinasi flu terhadap orang dewasa sepatutnya juga diberikan setiap setahun sekali. Hal tersebut dikarenakan virus flu yang mudah menyerang dari satu orang ke orang lain.

3. Tetanus, difteri dan pertusis acellus (Tdap)

Jenis vaksinasi ini pada umumnya harus diberikan dalam kurun waktu selama 10 tahun sekali. Salah satu fungsi dari vaksin ini adalah sebagai penghalau pertusis atau yang dikenal dengan batuk rejan. Menurut Shefer, banyak penelitian yang menemukan bahwa batuk rejan pada bayi ditularkan oleh orang dewasa.

4. Varicella

Ini merupakan jenis vaksin yang mencegah cacar air pada anak dan herpes zoster pada orang dewasa. Shefer menyatakan, meski Anda sudah terserang cacar air, virus tersebut tetap aktif dalam sistem saraf.

5. Pneumococcal vaksin (pneumonia)

Ini direkomendasikan untuk orang di atas usia 60 tahun, terutama bagi merekan yang memiliki risiko diabetes.(MI/DSY)

Sumber:

Previous articlePil KB Bikin Wanita Jadi Cemburuan
Next articleKacang dan Bawang Putih Mampu Cegah Ketombe
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.