Home Kesehatan Pengaruh Makanan Terhadap Suasana Hati

Pengaruh Makanan Terhadap Suasana Hati

767
0

Organ-organ internal kita membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik, tidak terkecuali otak. Kita membutuhkan aliran nutrisi dari makanan kita untuk menjaga kesehatan yang baik, dan suasana hati yang baik.

Salah satu nutrisi yang dapat mempengaruhi suasana hati kita adalah folat. Sebuah studi 2009 di jurnal Nutrition Reviews menemukan bahwa sebanyak 38 persen orang dewasa dengan gangguan depresif rendah mengalami kekurangan folat. Menurut para peneliti, kekurangan folat dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memproduksi neurotransmitter yang bertindak sebagai stabilisator suasana hati.

Tiamin juga dapat membantu memperbaiki suasana hati, menurut penelitian Kesehatan Gizi Masyarakat. Sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan kadar tiamin dikaitkan dengan perbaikan suasana hati. Orang yang tidak diberi tiamin menunjukkan tanda-tanda anoreksia, kelemahan otot, iritabilitas dan depresi.

Dan magnesium adalah unsur penting dalam diet, jika anda ingin menjaga disposisi kemerahan, menurut sebuah artikel tahun 2006 dalam jurnal Medical Hypotheses. Pasien sembuh dari depresi berat dalam waktu 7 hari setelah mengkonsumsi suplemen magnesium. Para peneliti menyimpulkan bahwa tingkat magnesium dalam tubuh dapat mengakibatkan kerusakan saraf otak, yang menyebabkan gejala depresi .

Untuk memerangi kekurangan-gejala terkait depresi, diet seimbang secara keseluruhan makanan yang penuh dengan suasana hati-meningkatkan nutrisi. Berikut adalah beberapa contoh:

  • Folat :  Lentil adalah folat berwujud makanan padat. Folat juga terdapat didalam sayuran hijau, seperti bayam, kale dan collard hijau.
  • Tiamin :  Kacang merah kaya akan tiamin serta folat, dapat meningkatkan suasana hati. Biji wijen, pistachio dan kacang macadamia juga sumber yang baik  dari tiamin.
  • Magnesium :  Terdapat dalam gandum dedak, biji labu dan bubuk kakao.

Sumber: http://pengajarplus.com/berita-pendidikan/1141-pengaruh-makanan-terhadap-suasana-hati.html

Previous article130 Tahun Berdiri, Kodak Akhirnya Jatuh Bangkrut
Next articleManusia Sudah Memancing Sejak 42.000 Tahun Lalu
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.