Home Serba Serbi Unik Kenalkan Nih, Kodok Terkecil di Dunia

Kenalkan Nih, Kodok Terkecil di Dunia

855
0

Peneliti dari Louisiana State University (LSU), Chris Austin, telah menemukan dua spesies baru kodok di Papua Nugini.  Salah satunya diketahui sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia dengan ukuran sekitar 7,7 milimeter.

“Sangat sulit mengetahui keberadaan Paedophryne amauensis karena ukurannya yang kecil,” kata Austin.

Kodok ini mengalahkan ikan Indonesia, Paedocypris progenetica, yang sebelumnya memegang predikat tersebut. Ukuran Paedophryne amauensis juga mengalahkan dua saudaranya, yakni Paedophryne dekot dan Paedophryne verrucosa yang juga baru ditemukan Desember 2011 lalu.

Austin yang memimpin sebuah tim peneliti dari Amerika beserta mahasiswa pascasarjana LSU, Eric Rittmeyer, menemukan spesies itu dalam ekspedisi selama tiga bulan di Papua Nugini.

Spesies kedua, Paedophryne swiftorum, berukuran sedikit lebih besar dari Paedophryne amauensis dengan ukuran tubuh rata-rata 8,5 milimeter.

“Ekosistem kedua kodok yang sangat kecil ini sangat mirip. Mereka mendiami daun di hutan hujan tropis,” kata Austin.

Austin mengklaim penemuan timnya ini sebagai temuan besar. Papua Nugini adalah pusat keanekaragaman hayati.

Penemuan ini menunjukkan pola yang menarik dari keanekaragaman amfibi di kawasan megadiverse, yaitu kawasan yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati di Bumi ini. Analisis filogenetik menunjukkan adanya perbedaan genetis antara spesies kodok ini dengan generasi spesies Asterophyrine. Dengan begitu, hal ini memperlihatkan adanya evolusi vertebrata pada masa radiasi Papua Nugini.

“Kodok yang sangat kecil ini menempati dedaunan hutan hujan tropis sebagai ekosistem mereka,” ujar Austin. “Kami sekarang percaya bahwa makhluk ini bukan hanya keanehan biologis, tapi juga merepresentasikan ekologi yang belum terarsipkan,” tambahnya.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Public Library of Science One pada 11 Januari

Previous articleBukan Ponsel Berkamera, Tapi Kamera Berponsel
Next articlePonsel Dengan Daya Tahan Baterai Hingga 15 Tahun
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.