Home Tips Sudah Ganti e-KTP? Jangan Buang KTP Lama Anda !!

Sudah Ganti e-KTP? Jangan Buang KTP Lama Anda !!

1445
4

Ternyata keberadaan e-KTP masih ada kekurangan…

Beberapa bulan terakhir ini banyak masyarakat yang meng-update KTP lama mereka, menggunakan format KTP baru yang merupakan adaptasi dari single number identity. Nama trendnya : e-KTP.

Ternyata sisi kekurangan e-KTP buat yang terlanjur mengganti KTP lamanya. Kekurangannya akan muncul pada saat pengurusan perpanjangan hak guna bangunan rumah / apartemen (HGB), surat kendaraan (STNK), termasuk mutasi kendaraan ternyata kartu KTP baru (e-KTP) malah bikin “urusan jadi panjang” alias ribet.

Sebab data kepemilikan rumah / apartemen di BPN dan data kendaraan anda yang terdaftar di SAMSAT itu masih menggunakan nomor KTP dari format KTP yang lama. Sedangkan nomor atau kode identitas di e-KTP berbeda sama sekali.

Demikian juga pengurusan rekening tabungan di bank, data identitas pemilik nomor rekening masih menggunakan kode nomor KTP format yang lama.

Solusinya:

Buat yang mau mengurus perubahan KTP lama ke e-KTP, sangat disarankan untuk men-fotocopy KTP lama sebanyak-banyaknya. Buat jaga-jaga mengurus surat kendaraan / rekening bank anda yang masih pakai nomor KTP yang lama.

Buat yang sudah terlanjur memakai e-KTP, coba dicek apakah masih punya fotocopy KTP yang lama. Kalau anda masih ada simpanan fotocopy KTP lama, syukurlah dan jangan lupa untuk memperbanyaknya.

Semoga informasi ini berguna.

Sumber: http://masuta-fenesia.blogspot.com/2011/12/sudah-ganti-e-ktp-jangan-buang-ktp-lama.html

Previous article4 Cara Mendeteksi Kebohongan dalam 20 Detik
Next articleMelihat Makanan, Berat Badan Naik
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

4 COMMENTS

  1. nomer KTP antara elektronik dan konvensional itu yang berbeda, jadi kalau berhadapan dengan bank (rekening tabungan) atau perpanjangan sim (kantor polisi) itu yang jadi bermasalah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.