Home Serba Serbi Fenomena Suara Genderang Misterius Di Yogyakarta

Suara Genderang Misterius Di Yogyakarta

1110
10

Mungkin saja fenomena ini juga dialami oleh sobat-sobat yang berasal atau pernah menetap di kota Yogyakarta. Fenomena yang diliputi misteri tersebut adalah SUARA GENDERANG (Drumband/aubade) yang berkumandang di ruang angkasa Yogyakarta pada waktu-waktu tertentu. Yang uniknya Suara Genderang ini bisa terdengar dari berbagai penjuru kota, dengan ukuran sound-volume yang rata-rata sama. Kadang suaranya jelas sekali pada saat kita tidak memperhatikan, namun begitu kita berkonsentrasi, suara tersebut malah menjadi semakin lirih sayup-sayup seperti dibawa angin. Atau bisa saja dalam satu kelompok orang, misalnya 5 orang. Yang 3 bisa mendengar namun yang 2 orang lagi tidak.

Karena penasaran, dulu sekitar tahun 1990 saya pernah mencoba melacaknya. Waktu saya tinggal di di daerah Gedong Kuning, sempat menyangka bahwa ini adalah suara dari Korps Marching Band-nya para karbol Akademi TNI-AU. Namun begitu diburu kearah Maguwo, belum sampai habis Jalan Banguntapan-Maguwo suara tersebut sudah pindah lagi ke arah selatan. Begitu diikuti ke selatan (arah Banguntapan), suara tersebut seakan-akan berpindah ke Barat, atau dari arah kota Yogyakarta.

Begitu juga sekitar tahun 1994, sewaktu saya berada di sekitar daerah Kentungan, Jalan Kaliurang Km 7, Suara Genderang tersebut terdengar demikian kerasnya. Seolah-olah sedang berada di sekitar Asrama Haji Ring Road. Karena penasaran, saya dengan sepeda motor bututnya waktu itu mencoba memburu kesana. Namun lagi-lagi kecewa. Karena Sumber suara tersebut tidak ditemukan.

Berbagai mitos dan kisah yang saya dapatkan dari Almarhum Simbah kakung, Bapak, Paklik, teman-teman main ada beberapa versi (Silahkan kalo sobat-sobat punya versi sendiri bisa ditambahkan dalam komentar dibawah ini :) )

1. Suara itu adalah suara genderang Pasukan Nyi Roro Kidul, (Ratu Ghaib wanita penguasa Samudera Selatan jawa) yang sedang menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul atau sebaliknya.

2. Suara tersebut berasal dari genderang pasukan ”khusus” pengawal wilayah Ngayogyakarta yang sedang berpatroli/ronda namun tidak tampak oleh mata manusia biasa.

3. Ada mitos yang menyebutkan, kalau pendatang atau perantau yang kebetulan singgah di Yogyakarta dan kebetulan mendengar Suara genderang ini maka hatinya tidak akan terpisah lagi dari Yogyakarta. Selalu terkenang dan merindukan Yogya.

Biasanya Suara Genderang Misterius itu tampil di waktu sore antara waktu sholat Ashar dan Maghrib. Namun tidak jarang terdengar pula di waktu pagi hari. Suara Genderang tanpa pernah diketahui secara pasti dimana keberadaan sumber ataupun para “pemain” nya ini masih jadi misteri yang melengkapi kekayaan kisah Legenda serta mitos Kota Yogyakarta.

Sumber: http://www.zonamaya.info/2011/12/suara-genderang-misterius-di-yogyakarta_18.html

Previous articleKeragaman Bahasa Nusantara Terancam Punah
Next articleJembatan Aneh, Putus Karena Ilusi Optik
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

10 COMMENTS

  1. wah, pernah tinggal digedong kuning toh mas, ,deket JEC kan, aku deket juga, tapi masih ketimur, timur bandara, selatan caandi prambanan,,,,
    memang benar mas ,anda tidak salah soal suara drumband ini,,, suara ini sudah lama ada,,, saya lahir tahun 1992,,, yah skitar tahun-tahun itu sampai skarang masih ada kok,,, bahkan skarang juga masih ada mas,,
    kalo dulu aku pas masih kecil kerap dengarnya waktu pagi antara abis subuh,, suaranya juga jelas, memang benar mas kalo drumband ini sebenarnya gaib, kalo dicari gk bakal ketemu, sampai sekarang juga masih. dulu saya kira juga di maguwo harjo, ato dibandara.. eh ternyata baru tau kalo itu gaib,, heheheheheh,, tapi udah gk takut lag sih, soalnya udah kerap denger,,
    namun bukan hanya suara drumband mas, suara seperti ini juga terdengar, yaitu suara jatilan, tapi skarang saya sudah jarang dengar kalo jatilan, kalo drumband sampai saat ini masih ada..
    itu aja mas komentar saya, lagi nunggu lagi ni suara drumband misterinya, tapi gak bakal nyari dimana, soalnya dah tau gk bakal ketemu,,,hehehehhehehe
    oiya sekarang tinggal dimana mas.

  2. Semua benar,dulu kami sekeluarga. Dijalan kaliurang km 7,kami dengar  4 P̲̅a̲̅g̲̅i̲̅ ,dikira dari 403 latihan,itu setiap P̲̅a̲̅g̲̅i̲̅ selalu terdengar,lalu ketika kami pindah ke jalan wonosari juga terdengar suara drumband,Ќαмϋ kira dr TNI AU latihan,tp ketika luang,kami tanya ke penduduk sekitar AU tidak αϑα,dan ternyata Ɣªήğ dengar bukan cuma saya,teman2 saya juga dengar,…sebelumnya kami ssering dengar gamelan jjuga,…aneh,tp demi allah itu Ɣªήğ kami dengar…mhn Jαπģαπ dianggap ssaya membuat cerita khayalan..krn Ɣªήğ dengar sekeluarga.

  3. ada sih tanggapan di facebook dari anggota TNI AU, katanya gini:
    Iya, karbolnya lat …tp klo akhir th masih kedengae yo artinya simpulkan sendiri

    Mungkin misteri lebih asyik dikenal sebagai misteri saja ya…

  4. ahh, skarang udah jarang terdengar mas,, malahan suara sepur yang rame,, hmmmmm,, apa sudah ditelan jaman ya,, ato nyi roro kidul belom sempat mengunjungi merapi, hmmm, aneh.
    eh, skarang mas ebo tinggal dimana ?

  5. Ya saya waktu th 93~94 tinggal Pugeran, sering saya dengar sempat penasaran juga, tetapi setelah tanya ke paman” itu dari latihan di AAU,setelah tanya sana sini saya berkesimpulan itu suara gaib,( mungkin waktu itu paman saya kawatir kl saya jadi ketakutan),tapi itu buat saya kangen sama jogja terussss.

  6. waktu sebelum gempa 27 mei 2006, tepatnya pukul 3 pagi. saya juga pernah mendengar suara jatilan seperti yg diceritakan mas kumpulan trbaru di atas.. suaranya terdengar keras dan berpindah2..mungkin itu pertanda gempa ya?soalnya abiz itu jam 6 pagi jogja diguncang gempa

  7. saya tinggal digondolayu setiap subuh saya selalu mendengar suara drumband itu, dengan suara sayup-sayup dan monoton, biasanya menjelang puasa< pernah juga saya mendengar sekirat jam 3 sore waktu itu saya sedang ziarah ke sendang jatiningsih (gua maria), tapi sekarang saya sudah tika pernah mendengar suara drumband itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.