Home Teknologi Alat Elektronik Bisa Menyembuhkan Diri Sendiri ?

Alat Elektronik Bisa Menyembuhkan Diri Sendiri ?

849
0

Bagi yang suka bongkar bongkar peralatan elektronik pasti tahu di dalam peralatan elektronik ada sebuah PCB (Printed Circuit Board) plus jalur “emas” untuk menyambung satu komponen dengan komponen yang lain. Nah, pasti tahu kan kalau jalur itu putus berarti alat elektroniknya pasti “almarhum” alias mati/ rusak.

Berita baiknya, para peneliri dari University of Illinois sedang membuat sebuah kapsul sangat kecil (berukuran 10 microns) yang nantinya bisa dijadikan sebagai “obat” untuk menyambung jalur yang putus tersebut.

Sederhananya, kapsul-kapsul ini akan ditebar di sebuah PCB khususnya di jalur “emas” tersebut dan ketika ada jalur yang putus, otomatis kapsul tersebut pecah dan menambal jalur yang putus tersebut secara otomatis.

Tujuannya, jadi bisa dibilang kalau ini berhasil maka peralatan elektronik tidak akan lagi mengalami kerusakan akibat jalur putus.

Ini yang disebut elektronik yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri kalau sedang sakit (Self-healing electronics). :-)

Sumber: http://www.otakku.com/2011/12/23/alat-elektronik-nantinya-bisa-sembuh-sendiri-kalau-rusak-nah-loh/

Previous articleTahun 2012, Mobil Terbang Dipasarkan
Next articleSeorang Ibu Melahirkan Setelah 2 Hari Meninggal
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.