Home Teknologi Data Center Milik Facebook, Keren !

Data Center Milik Facebook, Keren !

747
0

Facebook seperti yang kita ketahui merupakan website terbesar kedua setelah Google, bahkan untuk beberapa negara tertentu (termasuk Indonesia dan 4 negara Asia Tenggara lainnya) facebook mendapatkan peringkat no. 1 sebagai situs internet terbanyak diakses. Beragam cerita menarik dibalik peningkatan drastis pengguna facebook, untuk saat ini telah mencapai sekitar 800 juta pengguna aktif facebook dan akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya (Lihat statistik facebook). Uniknya, negara kita ini juga sebagai pendongkrak terbesar atas kesuksesan facebook, Indonesia negara yang memiliki peningkatan drastis pengguna facebook.

Dalam 800 juta pengguna aktif facebook, terdapat 400 juta pengguna rutin facebook yang tidak pernah melewatkan mengakses facebook setiap harinya. Jumlah sangat besar yang otomatis sejalan dengan dukungan performance yang baik dari internal perusahaan facebook, tentu saja yang dibutuhkan disini adalah banyaknya server pada data centernya. Digunakan untuk menampung data setiap detiknya akibat beragam kegiatan pengguna melalui account facebooknya, saat ini server facebook telah mencapai 100.000 jumlahnya. Tentu saja itu adalah angka yang wajar mengingat beberapa keunikan statistik berikut ini :

Pengguna menghabiskan lebih dari 20 miliar menit di Facebook setiap harinya. Setiap minggu pengguna berbagi lebih dari 8 miliar lembar konten, termasuk update status, foto dan catatan. Setiap bulan lebih dari 5 milyar foto diupload ke Facebook. Pengguna melihat lebih dari 2 juta foto setiap detik. Server melakukan lebih dari 50 juta operasi per detik, terutama antara server dan web cache tier. Lebih dari 2 juta situs web telah menerapkan fitur Facebook Connect. (data statistik tahun 2010 dan belum terupdate)

Begitulah keunikan dari situs jejaring sosial terbesar ini, seperti yang kita rasakan saat ini bahwa facebook sangatlah cepat diakses dan minim sekali down, berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika awal pengembangannya, facebook terasa agak berat diakses apalagi untuk pengguna Indonesia, tapi hal itu telah berlalu dan saat inilah masa kejayaan facebook. Berikut bisa kita lihat beberapa gambar pada facebook server farm (ladang server/data center).

Data center

Pusat data yang memiliki puluhan ribu server.

Pengelolaan hemat energi

Pada baris ini, server ditetapkan untuk meminimalkan energi yang dibutuhkan untuk menjaga data center berjalan

Tumpukan

Gambar dari dekat tumpukan server dalam dua rak.

Pengendali Suhu

Merupakan pusat yang memiliki sistem pendingin canggih dan menyimpan pasokan tenaga listrik.

Lintas Komunikasi

Kabel terhubung server di pusat satu sama lain dan fasilitas menyuluruh untuk diakses seluruh dunia.

Rencana B dan C dan …

Pusat dibangun menggunakan layered replication replikasi berlapis, model yang membuat hampir tidak mungkin gagal, bahkan jika sistem di San Fransisco overload.

Detail

Gambar dari dekat server secara detil, dalam pengawasan teratur dan menggunakan teknologi terbaik.
Web Server
Server memproses update halaman pengguna secepat mungkin, sehingga komentar atau posting tampil dalam hitungan detik. Menampung 800 juta (dan terus bertambah) pengguna, Maka dari itu membutuhkan kekuatas pusat data yang luar biasa.
Previous articleKenali Gejala Penyakit dari Kondisi Tangan
Next article10 Cara Kita Dilacak, Ditelusuri dan Dimasukkan Ke Database
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.