Home Tips Tips Merawat Baterai Laptop

Tips Merawat Baterai Laptop

744
1

Baterai Laptop pada umumnya dibuat dari Li-Ion yang mana Li-Ion ini memiliki umurnya berkisar antara 4-5 tahun. Bagaimana cara mempertahankan performa baterai laptop agar tetap berfungsi dengan baik? atau Bagaimana menjaga keawetan baterai laptop? Pertanyaan ini seringkali diutarakan oleh pengguna laptop, sebagaimana kita ketahui baterai laptop adalah salah satu element laptop yang mahal. Tips sederhana yang bisa dilakukan semua pengguna berikut ini mungkin dapat Anda terapkan.

1. Letakan laptop pada alas yang keras.

Panas adalah salah satu musuh utama element baterai, jika Anda meletakan laptop pada alas yang soft seperti bantal misalnya maka panas yang keluar akan diserap. Jangan gunakan laptop pada alas yang menyebabkan sirkulasi udara laptop menjadi tidak baik.

2. Gunakan Listrik yang stabil

Ketika Anda melakukan charge baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik yang bervoltase tidak stabil.

Kalau menyalakan laptop tanpa baterai diusahakan  menggunakan UPS ( antisipasi listrik padam) atau minimal menggunakan stabilizer, untuk melindungi komponen laptop itu sendiri yang notabene harganya lebih mahal.

3. Haruskah baterai dicopot?

Jawabannya Ya dan Tidak. Jika laptop Anda dilengkapi dengan kempuan switch ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor, maka sebenarnya tidak perlu mencopot baterai, Namun jika tidak maka Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan lifetime elemen baterai. Perlu Anda pertimbangkan ketika akan mencopot baterai, apakah listrik ditempat Anda bagus? Karena ketika Anda tidak menggunakan baterai maka daya yang masuk murni berasal dari listrik dan jika listrik mati, maka laptop akan kehilangan daya.

4. Defrag Hard Disk

Lakukan defrag harddisk secara teratur, dengan defrag yang teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban baterai

5. Hibernate & Standby

Beralih lah ke Hibernate dan tinggalkan kebiasaan Standby

6. Harddisk & CDROM

Gunakan lebih banyak harddisk daripada menggunakan CDROM karena CDROM memakan daya yang lebih buruk dari pada harddisk

7. Kontak Baterai

Bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi alkohol setiap sebulan sekali, agar transfer daya baterai tetap lancar.

8. Power Option

Gunakan pilihan Optimize, yang mana pilihan tersebut akan menggunakan maximum baterai untuk menampilkan effect maximal.

9. External Device

Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. matikan Wifi, Bluetooth, atau external device lain jika tidak digunakan.

10. RAM

Lebih besar RAM lebih baik, mengapa? karena jika RAM terlalu kecil maka ketika menangangi pekerjaan besar akan meningkatkan kinerja virtual memory yang mana virtual memory ini mengkonsumsi daya yang lebih besar.

11. Lakukan charge pada kondisi baterai lebih dari 10%, atau minimal 60%.

12. Gunakan Baterai dan adaptor bawaan pabriknya ( orisinil ).

13. Setiap 1 atau 2 bulan nyalakan laptop sampai kondisi baterai 15%-10%, lalu charge kembali sampai penuh.
Bila laptop tidak dipakai lebih dari seminggu, charge hingga penuh kemudian lepas dan simpan ditempat yang sejuk dan hindari tempat yang lembab.

14. Gunakan Aplikasi gratis berikut untuk membantu anda merawat baterai laptop.

Speed Fan : Pengukur suhu  laptop

Battery Care : Aplikasi perawatan dan optimalisasi penggunaan baterai laptop

Selamat Mencoba.

 

Sumber: Chips.co.id dan www.besoeki.com
Gaptek Update Permalink: Tips Merawat Baterai Laptop

Previous article7 Suku Pemakan Manusia Di Dunia
Next articleFirefox 8 Segera Hadir Dengan Fitur Yang Menarik
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

1 COMMENT

  1. rumah saya listriknya cenderung tidak stabil, pernah saya menggunakan laptop tanpa batrai yg akhirnya listrik mati dan laptop saya seketika mati . ketika saya menggunakan laptop dengan baterai dan menchargenya, ada yg bilang membuat baterai cepat kembung . apa yg sebaiknya saya lakukan ?
    thank you :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.