Home Teknologi Mobil Berbahan Bakar Kopi

Mobil Berbahan Bakar Kopi

765
3

Martin Bacon dan timnya Teesdale Vounteers Konservasi dari Durham, Inggris, sepertinya sedang terlalu banyak membuat kopi saat memulai proyek ini. Ini benar-benar suatu terobosan yang bisa dibilang sangat aneh. Mobil Kopi yang mereka beri nama Aptly ini mampu berfungsi dengan baik dan bahkan di awal bulan ini mampu memecahkan rekor dunia sebagai mobil berbahan bakar sampah organik tercepat di dunia

Rekor sebelumnya (awal tahun 2011) dipegang oleh sekelompok orang yang mereka sebut kelompok mereka sebagai kelompok “beaver energy”, mereka memodifikasi sebuah mobil sehingga berubah menjadi mobil berbahan bakar ampas kayu. Mobil ini mampu berlari dengan kecepatan 47mph .

Mobil berbahan kopi ini akhirnya mampu mengalahkan rekor sebelumnya, setelah mampu berlari dengan kecepatan 66.5 mph, dengan hanya berbahan bakarkan bubuk kopi. Guiness World record pun dengan bangga menyematkan gelar itu pada mobil kopi ini.

System pembakaran yang dipakai pada mobil ini merupakan sistem yang hampir serupa dengan sistem pembuatan biomassa bertekanan tinggi. Atau disebut sebagai gasifikasi. Pembakaran campuran gas yang dihasilkan disebut syngas (atau gas sintetis). Kombinasi hidrogen, karbon monoksida, karbon dan metana dicapai sebagai biomassa didiproses dengan sejumlah gas oksigen yang terkontrol pada suhu yang sangat tinggi.

Gasifikasi bukanlah cara baru. Sudah ada sejak awal 1800-an dan berperan penting dalam revolusi industri. Namun, perbedaan harus dibuat antara bahan bakar fosil dan biomassa gasifikasi. Yang pertama saat ini digunakan pada skala industri untuk menghasilkan listrik, dan – tidak mengejutkan – memiliki banyak kesamaan dengan energi terbarukan. Yang terakhir adalah sumber energi terbarukan dan dipandang sebagai alternatif untuk bahan bakar konvensional.

Mobil yang digunakan adalah mobil Rover SD1 dengan mesin 6 silinder. Kemudian mobil ini didisain untuk dapat dipasang alat gasifier atau gasifikasi untuk dapat menghasilkan sejumlah gas yang cukup kuat untuk menjalankan mesin sebesar itu. Gas yang digunakan dikompresi hingga 150 PSI dan diinjeksikan langsung pada mesin untuk mencapai kecepatan maksimum.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar – gambar berikut dan baca penjelasannya.

Sistem pendingin dikonfigurasi menggunakan intercooler dengan dua kipas 12 Volt terpasang.
Container penampung kopi

 

Box pendingin

 

Coffee car MK 1, salah satu mobil berbahan bakar kopi

 

Video dokumentasinya

 

Mungkin kopi bukanlah salah satu komoditi potensial yang dilirik sebagai salah satu sumber energi alternative saat ini. Namun, dengan penemuan ini, menunjukan bahwa masih banyak teknologi yang “green” dan ecofriendly yang bisa diaplikasikan dibandingkan dengan teknologi – teknologi konvensional berbahan bakar fossil. Dan yang terpenting adalah bahwa hal ini menunjukan kendaraan berbahan bakar biofuel tidak kalah cepat dengan kendaraan – kendaraan berbahan bakar bensin dan lainnya. Secara potensial, kopi bisa saja kelak menjadi salah satu pilihan untuk penggunaan biofuel di seluruh dunia yang lebih bersahabat dengan alam. :D

Sumber: http://yokotrix.blogspot.com/2011/10/mobil-bahan-bakar-kopi-tercepat-dunia.html

Gaptek Update Permalink: Mobil Berbahan Bakar Kopi

Previous articleJendela Penghemat Energi Mampu Berubah Warna
Next articleRokok Juga Bisa Memancarkan Radiasi
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

3 COMMENTS

  1. nah, kada nyambung kenapa komen pertama nih,, hahaha,,, faktor begadang bang, jadi rada kada nyambung, kada tebacai lagi artikelnya, dikira tadi mobil yang tahan dibakar,, wkwkwk,,, -___-“

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.