Home Kesehatan Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

755
0

Mengkonsumsi minyak ikan pada saat ibu hamil dipercaya bisa bantu perkembangan otak anak di kandungan. Namun sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika anak berusia enam tahun.

Hasil penelitian terbaru ini bantu menjelaskan penelitian sebelumnya, yang melibatkan ibu hamil dengan kebiasaan mengonsumsi pil minyak ikan dan yang tidak. Penelitian di Norwegia tersebut juga tidak menemukan perbedaan tingkat IQ pada anak berusia tujuh tahun.

Asam lemak, seperti asam docosahexaenoic (DHA), yang ditemukan dalam ikan dan makanan lain dianggap penting bagi janin. Oleh karena itu, para peneliti meminta ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan, minyak ikan plus suplemen folat, folat saja dan pil yang tidak mengandung suplemen, pada penelitian terbaru ini.

Lalu setelah tujuh tahun kemudian, tim peneliti yang dipimpin Dr Cristina Campoy dari Universitas Granada di Spanyol memberikan tes kecerdasan pada 154 anak-anak yang lahir dari ibu-ibu peserta penelitian. Hasilnya, seperti yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, asam lemak seperti DHA tetap penting, namun tidak memberikan perbedaan dalam tingkat kecerdasan.

Selain tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada otak anak, menurut penelitian dari Australia, minyak ikan juga tidak berbuat banyak untuk mempertajam penglihatan si kecil. Mereka menguji coba ketajaman penglihatan pada 185 bayi berusia 4 bulan yang ibunya secara acak diharuskan mengonsumsi kapsul DHA kaya minyak ikan atau pil plasebo (kapsul minyak sayur) setiap hari, sejak pertengahan kehamilan hingga waktu melahirkan. Lalu hasilnya, tidak ada manfaat DHA pada penglihatan bayi.

Dr Ingrid Helland, pemimpin penelitian sebelumnya di Norwegia mengatakan walau begitu, studi saat ini tidak bisa menjadi ukuran, karena tingkat kecerdasan anak bisa dipengaruhi genetik, stimulasi sosial, nutrisi dan sebagainya.

“Jika seorang teman akan bertanya kepada saya apakah ia harus mengambil suplemen atau tidak, saya akan merekomendasikan suplemen, namun saya tekankan bahwa kita belum memiliki bukti ilmiah, apakah suplemen minyak ikan bermanfaat pada kecerdasan anak,” kata Helland.

Sumber:

Gaptek Update Permalink: Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Previous articleMouse Pengukur Tingkat Stress
Next articleKenapa HP Dilarang Aktif di Pesawat ?
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.