Home Serba Serbi Sejarah Kapal Perang Invasi Mongol Milik Kubilai Khan Ditemukan di Jepang

Kapal Perang Invasi Mongol Milik Kubilai Khan Ditemukan di Jepang

954
0

Ahli arkeologi kelautan Jepang menemukan kapal, yang diduga armada pasukan Mongol dari abad ke-13. Temuan arkeologi ini ditemukan 25 meter di bawah permukaan laut, di lepas pantai Nagasaki, Jepang.

Arkeolog Jepang ini berharap mereka bisa merekonstruksi pecahan keramik dari Dinasti Yuan, dari kapal milik armada Kubilai Khan, cucu dari Genghis Khan ini. Mongol menguasai Cina sejak 1271 hingga 1368, dan saat itu Kubilai Khan mendirikan Dinasti Yuan di Cina  yang meliputi wilayah Cina dan Mongolia saat ini.  Adapun kapal ini diduga sebagai kapal dari armada kedua Mongol (yang terdiri dari 4.400 kapal perang), yang hilang tahun 1281.

Untuk meneliti kapal ini, arkeolog membuat kotak dan grid di lambung kapal yang memiliki panjang 12 meter ini. Ini dilakukan untuk membantu identifikasi dan mengenali karakter kapal perang berukuran panjang 20 meter ini.

“Penemuan ini sangat penting. Kami berencana terus mencari sesuatu yang bisa membantu mengungkap informasi mengenai keseluruhan kapal,” kata Yoshifumi Ikeda, profesor arkeologi di Univeritas Ryukyus, Okinawa.

Kapal ini merupakan kapal pertama yang ditemukan utuh, sebagian besar badan kapal masih menempel, bahkan dengan paku. Para peneliti menyebut dalam kondisi baik untuk preservasi. Bahkan, para peneliti bisa mengetahui kalau kapal ini dicat dengan warna abu-abu terang.

“Saya percaya kami bisa lebih memahami  kemampuan membuat kapal saat itu, yang saat ini telah mengalami perubahan di kawasan Asia Timur,” ujar Ikeda.

Lebih dari 4.000 artefak ikut ditemukan bersama reruntuhan kapal. Antara lain, keramik, bata untuk keseimbangan kapal, bola-bola meriam, dan jangkar batu. Semua temuan itu terhubung dengan armada yang digunakan Dinasti Yuan untuk menginvasi kawasan lain.

Upaya armada laut Dinasti Yuan untuk menguasai Jepang yang dimulai pada 1274 berakhir bencana. Armada laut ini kemudian hancur oleh badai besar yang dikenal dengan nama “Kamikaze”. (umi)

Kublai Khan launched to attempts to invade Japan from Korea, but both fleets were ravaged by typhoons known as 'The Kamikaze' - or 'divine wind'
Cannonballs and stone anchors are among thousands of items found around the shipwreck off the coast near Nagasaki
Both fleets set off from Korea with thousands of troops on board for the 110-mile journey between Masan and the Japan coast
900 ships sailed to Japan in the first invasion, and two forces of 4,400 ships took part in the second failed invasion
Scientists used ultrasound to find the shipwreck three feet below the sea bed, where it has remained remarkably well preserved
Kublai Khan established the Yuan Dynasty in 1271 after removing opposition in the south of China and the Mongol empire, in blue, spread from Europe to the China coast at its height
Kublai Khan, grandson of Genghis Khan, united China under his rule and also led invasions into Vietnam before his death at the impressive age of 78

Sumber:
Gaptek Update Permalink: Kapal Perang Invasi Mongol Milik Kubilai Khan Ditemukan di Jepang

Previous article7 Cara Agar Bisa Hidup Sampai Umur 100 Tahun
Next article4 Hewan Legenda Penjaga Mata Angin Di Korea
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.