Home Serba Serbi Penelitian Tata Rambut Masa Mesir Kuno Sudah Pakai Gel

Tata Rambut Masa Mesir Kuno Sudah Pakai Gel

746
1

Gel rambut ternyata tak hanya digunakan oleh manusia modern. Dari penelitian para ilmuan Universitas Manchester, gel rambut ternyata telah digunakan oleh masyarakat Mesir kuno.

Tim peneliti mempelajari rambut dari 18 mumi di Mesir yang hidup sekitar 3.500 hingga 2.500 tahun yang lalu. Terdiri dari mumi laki-laki dan perempuan dengan usia antara 4 hingga 38 tahun.

Sampel mumi ini tidak diambil dari piramida. Sebanyak 15 mumi berasal dari kuburan yang berada di padang pasir dan tiga lainnya dari mumi yang diambil dari museum.

Untuk mengetahui jenis gel yang digunakan itu, para peneliti menggunakan kromatografi gas untuk menarik bagian molekul. Ternyata, gel itu terdiri dari asam lemak yang mengandung palmitic (komponen penyusun pohon palem) dan stearic (bahan yang ditemukan dalam lemak binatang).

Tim peneliti itu mengatakan gel rambut itu digunakan untuk mengatur rambut sesuai dengan keinginan masing-masing. Mumi yang dijadikan sampel itu tidak diawetkan manusia atau mendapatkan perawatan saat meninggal.

Mumi-mumi yang dijadikan sampel itu mengering dengan sendirinya karena panasnya padang pasir. Sehingga, para peneliti mengasumsikan gel rambut itu juga dipakai manusia yang hidup saat itu.

Sumber:

Previous articleKisah Nelayan Pemburu Mayat di Sungai Kuning China
Next articleProses yang Terjadi Dalam Tubuh Ketika Jatuh Cinta
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.