Home Berita Terkini Mengapa Terdapat Garis Jejak Pesawat di Pagi dan Siang Hari

Mengapa Terdapat Garis Jejak Pesawat di Pagi dan Siang Hari

971
0
AWAN garis nampak memanjang di langit. Akibat apakah itu gerangan?
Pasti Ada yang pernah Liat ini Kalo Pagi/siang di langit/di angkasa
ini Namanya KONDENSASI………….

Asap putih dari pesawat itu sebenarnya adalah gas buang yg membeku (karena diatas sana pada ketinggian >30 ribu kaki atau kira kira 10 ribu meter sangat dingin, suhunya mencapai -50 s/d -55 derajat celcius.

Asap pesawat atau jejak pesawat adalah Contrail merupakan singkatan dari Condensate Trail atau jejak kondensasi. Jejak ini tercipta karena adanya kondensasi uap buangan bahan bakar pesawat.

Bahan bakar jet adalah HYDRO CARBON atau bahan bakar yang mengandung hydrogen dan carbon. Dalam proses pembakaran di engine, hydro dan Carbon dibuang oleh engine jet pesawat terbang. Carbon sisa pembakaran menciptakan asap carbon dioksida dan carbon monoksida. Sedangkan dari pembuangan engine, hidrogen bereaksi dengan oksigen yang tak terbakar keluar sebagai uap air dari mesin jet. Namun karena ketinggian pesawat tersebut sekitar 10 000 meter dan suhu diatas sana yang mencapai -50 an derajat celsius, maka buangan hidrogen yang bercampur dengan oksigen ini langsung terkondensasi menjadi butiran air es. Dan akhirnya menciptakan jejak bagaikan awan cirrus.

Pesawat apa saja, yang mampu terbang tinggi sekali sehingga ketinggiannya mencapai daerah yang memilki suhu -50 derajat celsius bisa membuat jejak.

Wing tip pesawat (sebuah lekukan pada ujung sayap pesawat, lihat pesawat G4) juga mampu menciptakan jejak kondensasi. Hal ini terjadi karena terciptanya pada ujung lekukan ini, tercipta vortek turbulensi dimana ada daerah yang memiliki tekanan yang tinggi sekali sehingga mampu mengkondensasi udara menjadi air (ingat percobaan kalau kita memompa atau menekan udara dalam silinder cukup tinggi, maka kita akan mendapatkan butiran air. contohnya lihat tabung compressor yang berisi cairan air

Sumber: http://nugum.blogspot.com/2011/08/mengapa-terdapat-garis-jejak-pesawat-di.html
Previous articlePria Lebih Banyak Mati Muda Daripada Wanita
Next articleCryonic, Mayat Dibekukan Agar Bisa Dibangkitkan Lagi
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.