Home Kesehatan 7 Alternatif Pengganti Air Minum

7 Alternatif Pengganti Air Minum

2640
0

Setelah melakukan aktivitas fisik yang menguras keringat, kita membutuhkan cairan untuk mengganti cairan yang terbuang. Air memang yang terbaik, tetapi kebutuhan cairan tubuh bisa dipenuhi oleh sumber-sumber lainnya.

Nancy Clark, penulis buku Nancy Clark’s Sports Nutrition Guidebook, mengatakan, ada beberapa alternatif untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Sebagai patokan bahwa tubuh cukup terhidrasi adalah buang air kecil setiap 2-4 jam.

1.Susu tanpa lemak
Menurut Clark, susu menghidrasi tubuh lebih baik daripada minuman energi. Kandungan sodiumnya lebih optimal. Namun, kandungan lemak dalam susu bisa menghambat penyerapan karena itu pilihlah susu tanpa lemak atau rendah lemak untuk mengganti cairan secara cepat. Alternatif lain pilih susu cokelat. Penelitian terbaru menunjukkan, susu cokelat memulihkan stamina lebih cepat setelah olahraga seperti halnya minuman sport karena kandungannya merupakan kombinasi dari protein, karbohidrat, sodium, dan antioksidan.

2. Kuah sup ayam
Resep yang sering dipakai para penderita flu ini ternyata bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Dalam satu mangkuk sup ayam terdapat 840 miligram sodium dan 14 gram karbohidrat. Anda bisa menaruhnya dalam termos sehingga tetap hangat dan enak dikonsumsi setelah berolahraga pada pagi hari.

3. Semangka
Air memang pilihan pertama untuk mengganti cairan setelah olahraga dengan intensitas tinggi. Namun, sebenarnya 92 persen kandungannya adalah air. Sementara itu, pesaingnya adalah buah semangka. Selain air, dalam satu cup semangka terkandung 12 gram karbohidrat yang akan membantu tubuh menyerap cairan dan 173 miligram potasium yang akan berkerja sama dengan sodium membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Salad
Bila Anda merasa perut kurang nyaman langsung mengonsumsi banyak air minum, cobalah mengasup salad. Selada 90 persennya adalah air. Sayuran hijau lain juga kaya akan air. Anda bisa mengombinasikannnya dengan sumber protein seperti ikan.

5. Nasi
Nasi merupakan penyerap cairan yang baik. Nasi bertindak seperti kendaraan bagi air saat proses pemasakan. Karena itulah, nasi bisa menjadi alternatif pengganti cairan.

6. Soda
Ya, ini bukan kesalahan ketik. Clark menjelaskan bahwa kafein, gula, dan air bisa menjadi minuman setelah olahraga.

7. Es krim
Tak ada salahnya mampir ke gerai es krim setelah latihan intensif di gym. Idealnya, pilih yang versi ringan dan satu porsi saja. Setelah latihan yang menguras energi, tubuh akan mendapatkan cairan dari es krim beku.

 

Sumber: http://masuta-fenesia.blogspot.com/2011/08/7-alternatif-pengganti-air-minum.html

Previous article10 Sumber Makanan Yang Dapat Merubah Penampilan Anda
Next articleFakta dan Tips Untuk Rambut Anda
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.