Home Berita Terkini Takut Gemuk yang Berlebihan Sebabkan Kematian Dini

Takut Gemuk yang Berlebihan Sebabkan Kematian Dini

795
0

Gaptek Update – Anoreksia dapat meningkatkan risiko kematian hingga lima kali lipat pada pasien dan orang yang menderita bulimia atau gangguan lain makanan juga akan menghadapi risiko yang sama.

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.

“Penyebab kematian tidak selalu jelas, tetapi di antara penderita anoreksia yang meninggal, satu dari lima kasus adalah bunuh diri. Kematian lainnya dikaitkan dengan efek brutal kelainan pola makan pada tubuh dari waktu ke waktu,” ujar para peneliti dalam sebuah artikel berjudul Archives of General Psychiatry.

“Tentu saja, kelainan pola makan memiliki konsekuensi fisik yang serius,” cetus Jon Arcelus, pemimpin dalam penulis artikel tersebut, dari Loughborough University di Inggris.

“Penelitian ini tidak dapat mengidentifikasi bagaimana orang meninggal, tetapi tidak ada keraguan bahwa alasan di balik ini berkaitan dengan masalah fisik pada penyakit,” tambahnya, seperti dikutip Straits Times (11/7/2011).

Penelitian dilakukan dengan menetapkan kelompok berdasarkan suatu meta analisi dari 36 studi yang sudah dipublikasikan sejak tahun 1966 sampai tahun 2010, penelitian ini melibatkan 17 ribu orang dengan pola makan yang mengalami gangguan. Selama publikasi ditemukan fakta bahwa 755 orang telah meninggal.

Analisis mereka menunjukan bahwa lima dari seribu orang penderita anoreksia meninggal setiap tahunnya. “Salah satu alasan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penderita anoreksia nervosa memiliki dua masalah yaitu kejiwaan dan medis,” ujar Laird Birmingham, direktur medis dari Woodstone Residence, sebuah fasilitas perumahan bagi orang penderita gangguan makan di Pulau Galliano di British Columbia, Kanada.

Dia mencatat kebanyakan orang penderita anoreksia juga menderita depresi, kecemasan atau gangguan obsesif kompulsif. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki gangguan pola makan yang tidak teratur dengan alasa takut gemuk sudah saatnya diperbaiki, jika Anda tidak ingin mengalami risiko kematian dini. (tyo)

Takut Gemuk yang Berlebihan Sebabkan Kematian Dini
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/07/11/56/478302/takut-gemuk-yang-berlebihan-sebabkan-kematian-dini

Previous articleTanda-Tanda Manusia Akan Meninggal Seminggu Lagi
Next article66% Netter Indonesia Masih Mengandalkan Warnet
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.