Home Berita Terkini 66% Netter Indonesia Masih Mengandalkan Warnet

66% Netter Indonesia Masih Mengandalkan Warnet

881
1

Gaptek Update – Walau menjadi pengakses internet melalui perangkat mobile terbesar di Indonesia, Indonesia masih mengandalkan warung internet (warnet) sebagai tempat untuk mengakses internet paling populer di tanah air. Tercatat lebih dari 66 persen pengguna internet (netter) masih menggunakan fasilitas Warnet.

Kebiasan akses internet masyarakat Indonesia ini diketahui dari laporan Nielsen Southeast Asia Digital Consumer Report yang akan diluncurkan pada 30 September mendatang.

“Lokasi di mana konsumen mengakses internet sebagian besar mencerminkan akses mereka ke komputer dan koneksi berkecepatan tinggi di rumah” ujar Managing Director dari Divisi Media di Nielsen Indonesia, Irawati Pratignyo dalam siaran pers yang diterima oleh VIVAnews.com, Jakarta, Senin 11 Juli 2011.

Kondisi di Indonesia ini berbeda dibandingkan mayoritas masyarakat negara di Asia Tenggara yang banyak mengakses internet dari rumah. Persentase jumlah masyarakat Asia yang mengakses dunia maya tersebut mencapai  67 persen.

AC Nielsen juga menemukan fakta bahwa sebagian besar konsumen digital Indonesia atau sebesar 46 persen menggunakan perangkat internet nirkabel portabel seperti telepon genggam untuk mengakses internet.

Menurut Irawati pasar seperti Singapura selama ini memiliki infrastruktur internet dan penawaran harga yang jauh lebih baik. Hal itu mendorong tingkat penetrasi yang lebih tinggi dari penggunaan internet di rumah.

“Sebagai perbandingan, konsumen Indonesia memiliki kebutuhan lebih besar untuk mencari akses lain untuk menggunakan internet” ujar Irawati.

Temuan Nielsen, juga menemukan fakta lokasi akses lain yang banyak digunakan pengguna internet di tanah air adalah kantor 22 persen, rumah 19 persen, Sekolah/kampus/Universitas sebesar 14 persen, di rumah teman 3 persen, dan di perpustakaan sebesar 0 persen.

Seperti diberitakan sebelumnya, 48 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan ponsel untuk mengakses internet. Indonesia merupakan pasar paling besar yang bergantung akses mobile internet di Asia Tenggara.

Dalam laporan itu disebutkan peringkat kedua pengguna mobile internet yaitu Thailand (36 persen), Singapura (35 persen), Vietnam (29 persen). Filipina (24 persen) dan Malaysia (21 persen).

Tren penggunaan mobile internet ini akan terus berlanjut. Alasannya, 53 persen pengguna internet Indonesia menunjukkan mereka akan mengakses internet melalui telepon genggam mereka. Sementara 30 persen menggunakan perangkat genggam yang memiliki kapabilitas untuk mengakses internet dalam 12 bulan ke depan. (eh)

Pengakses Terbesar, RI Masih Andalkan Warnet
Sumber:

Previous articleTakut Gemuk yang Berlebihan Sebabkan Kematian Dini
Next articleKamera Khusus Penangkap Gambar Hantu Pertama Di dunia
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.