Home Berita Terkini PLN Anjurkan Pemerintah Daerah Gunakan Lampu LED

PLN Anjurkan Pemerintah Daerah Gunakan Lampu LED

606
1

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan menganjurkan kepada seluruh walikota dan bupati di Indonesia untuk menggunakan Light Emitting Diode (LED) untuk penerangan jalan raya di setiap kota dalam upaya penghematan energi.

“kita menganjurkan agar walikota dan bupati segera ganti lampu jalan dengan lampu LED. Kita sealalu anjurkan,” kata Dahlan, saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Rabu (11/5/2011).

Ia telah mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan menghimbau Pemerintah Ambon supaya mengganti lampu jalan raya disetiap kotanya menggunakan LED. Himbauan tersebut dilakukan untuk memberikan rangsangan kepada setiap Walikota dan Bupati di seluruh Indonesia.

“Bahkan besok lusa di ambon saya akan bicara di depan konferensi seluruh Walikota seluruh Indonesia supaya tekankan mereka ubah lampu-lampu kota menjadi lampu led. Tapi kita kan sebatas memberi himbauan aja, kemudian memberi rangsangan,” katanya.

Menurutnya, dengan menggunakan LED dapat menghemat daya pembangkit dikarenakan terjadi pada saat beban puncak. Selain itu, penghematan daya yang didapatkan dari mengganti lampu jalan dengan menggunakan led bisa dialihkan untuk mengaliri listrik ribuan rumah disatu kota.

“Pasti hemat. Itu bagusnya karena terjadi di beban puncak, kalau diganti LED itu misalnya gini, satu Kota misalnya Ambon. Itu kalau lampu jalannya diganti LED, Pemerintah Kota bisa mengalihkan daya tersebut ke ribuan rumah,” ujarnya.

Ia mencontohkan, di satu kota sekelas Ambon, keperluan listrik untuk penerangan jalan itu sekitar 1 Megawatt dan kalau itu untuk dialihkan ke rakyat bisa untuk lima ribu rumah. “Jadi banyak sekali, sayang kan kalau tidak pakai LED. Jadi walikota dan bupatinya bisa disenangi rakyat,” tegas Dahlan

sumber: to:day

Previous articleArtRage: Teknologi Terbaru Bagi Para Pelukis
Next articleRobot Sistem Intelijen Tercanggih Dunia
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.