Home Berita Terkini Cara Belajar Ilmuwan Kelas Dunia

Cara Belajar Ilmuwan Kelas Dunia

1101
6

Menjadi kreatif di zaman modern saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban. Suatu negara tentu akan menghadapi banyak masalah jika negara tersebut kurang memberdayakan sumber daya manusianya untuk bisa menjadi kreatif. Menjadi kreatif itu luas maknanya. Kreatif dalam berkarya, kreatif dalam berpikir bahkan berkreatif dalam menyelesaikan masalah.

Pada masa kecil, Einstein adalah anak yang baik dan ia punya karakter suka menolong, karakter ini membuatnya makin cerdas. Kemampuan berbahasanya memang lebih rendah dibandingkan kemampuan numerika atau matematika. Ia tidak pernah gagal dalam mata pelajaran matematika. Sebelum ia berumur lima belas tahun ia telah menguasai kalkulus diferensial dan integral yang dipelajarinya secara mandiri/ otodidak. Saat di sekolah dasar, dia berada di atas kemampuan rata-rata kelas, namun ia memiliki kegemaran untuk memecahkan masalah rumit dalam aritmatika terapan. Orang tuanya ikut mendukung minat Einstein dalam matematika. Ia membelikan buku-buku teks sehingga ia bisa menguasai pelajaran angka-angka selama liburan musim panas.

Einstein Group

 2) Thomas Alfa Edison, ia belajar bagaimana cara menemukan lampu. Sebelum lampu pertamanya menyala ia melakukan 5.000 eksperimen yang selalu berakhir dengan kegagalan. Namun cara berpikir yang dimiliki oleh Thomas Alfa Edison sangatlah positif dan tahan banting, ini membawanya kepada kreativitas tingkat tinggi.

Thomas Alva Edison
Thomas Alfa Edison
Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge (sebagai mahasiswa yang belajar sambil bekerja untuk mengatasi masalah keuangannya). Pada saat itu, kurikulum universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Ia kemudian menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus.

Sir Issac Newton
Sir Issac Newton Breaking Up The Light
Darwin juga sangat dipengaruhi oleh pemikiran Thomas Malthus, dengan bukunya “Essay on the Principle of PopulationI”. Buku tersebut mengatakan bahwa populasi seharusnya bertambah sesuai dengan batas persediaan makanan, kalau tidak maka akan terjadi persaingan untuk memperebutkan makanan. Setelah membaca buku ini, Darwin memfokuskan teorinya bahwa “the diversity of species centered on the gaining of food – food being necessary both to survive and to breed”- semua jenis spesies terfokus dalam memenuhi kebutuhan makanan dan makanan berguna untuk kelangsungan hidup dan untuk berkembang biak.

Charles Darwin
Previous article9 Negara Pemilik Bom Nuklir Terbanyak Di Dunia
Next article17 Negara Terkecil di Dunia, Luasnya Rata-rata Hanya Setengah Jakarta
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

6 COMMENTS

  1. Kesulitan kita adalah mengenali kemampuan atau bakat kita yang sebenarnya. Kita sering memilih jurusan-jurusan tertentu yang juga diincar banyak orang. Padahal, belum tentu kita akan berhasil di jurusan itu.

    Kadang-kadang hal-hal sederhana, jurusa-jurusan yang tidak diminati justru menjadi ladang keberhasilan kita karena bisa jadi di sanalah bakat kita yang sesungguhnya.

  2. Terima kasih infonya, saya juga punya tulisan yang bagus mengenai cara belajar membaca alquran, kunjungi blog saya ya di rheza.com, thanks :)

  3. ilmuwannnnnnn pintar karena dia yakin akan kemampuannya >><…………… dunia bisa di kuasai oleh ilmuwan apabila dia tahu cara di buatnya bumi ………. !!!!!!!!!!!!!!!

    • apabila mereka tahu cara memikirkannya ! dn tahu apa sebabnya dunia ini hancur ! seandainya ia ingin menghncurknnya ! tujuan apa mereka di hidupkan

  4. dunia ini luas sebelum kita mati galilah ilmu yng belum kita ketahui ………………….. teruslh temukn apa yng belum kita pikirkan selama hidupp,,,,, buktikan gug hanya ilmuwan saja yng di ingat tapi kita juga bahkan sangat di kenangggg>>>>>>>>>>>>> fighhhtinggggggggggggg , kegagalan buknlh kalah tapiiiiiiiiiii gambarn ke suksesannnnnnnnn <<<<<<<<<<<<<<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.