Home Berita Terkini 17 Negara Terkecil di Dunia, Luasnya Rata-rata Hanya Setengah Jakarta

17 Negara Terkecil di Dunia, Luasnya Rata-rata Hanya Setengah Jakarta

882
0

9. Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Luas wilayahnya 455 km2, dengan penduduk 81.755 jiwa. Negara kepulauan ini mendapat kemerdekaannya dari Inggris tahun 1976.

10.Maldives – Kepulauan Maldive atau republic Maladewa mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1965, merupakan Negara kecil di Samudra Hindia terdiri dari rangkaian 26 atol seluas 90 km2. Negeri unik ini beribukota di Male dengan penduduk103.693 jiwa (sensus 2006), sedang pulau-pulau lainnya yang berjumpah 1.192 pulau rata rata dihuni 200 –an orang.
Kalau di dunia Maldives berada di urutan 10 negara terkecil , sebaliknya di Asia, Negara ini nomor satu terkecil, juga jumlah penduduknya yang tersedikit di antara negeri negeri di Asia. Keunikan lainnya adalah Maldives Negara yang berarada di titik terendah juga tertinggi di atas permukaan laut. Jadi, rata-rata pulau hanya 1,5 meter di atas permukaan laut, ini merupakan Negara terendah di dunia yang berada di permukaan laut.

11.Malta luasnya 122 square miles – Negara ini berada di selatan pulau Sicilia, Italia. Negara ini mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1964, namun militer Inggris baru benar-benar meninggalkan Malta tahun 1979. Populasi Malta 400.000 jiwa.

12.Grenada luasnya 133 square miles. Ini adalah salah satu Negara yang berada di Karibia, penduduknya 90.000 jiwa. Grenada mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1974.

13.Saint Vincent dan Grenadines
, luasnya 150 square miles. Jumlah penduduk 117.000 jiwa. Negeri ini mendapat kemerdekaan dari Inggris pada 1979.

14.Barbados luasnya 166 square miles dengan jumlah penduduk 280.000 jiwa. Negeri ini juga berada di jajaran kepulauan Karibia. Barbados mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1966.

15.Antigua and Barbuda luas total 171 square miles. Negara berpenduduk 69.000 jiwa ini terdiri dari tiga pulau, mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1981.

16.Andorra luasnya 468 km2 dengan jumlah penduduk Jumlah penduduk hanya 280.228 jiwa. Negeri kepangeranan ini berada di Eropa barat daya. Sebelah timur bantaran Sungai Pirenea yang berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara makmur ini sangat mengandalkan sektor pariwisata dan juga kegiatan kebeacukaian. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.

Karel yang Agung atau Karel Agung— Bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang disebut Bapak pendiri Eropa

Sejarah negeri ini cukup unik. Negeri ini terbilang cukup tua, telah ada sejak 1278. Cerita yang berkembang mengatakan, Karel yang Agung atau Karel Agung— Bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang disebut Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi.— memberikan piagam untuk orang Andorra sebagai pengganti perang mereka melawan bangsa Moor.

Jabatan maharaja di daerah itu diwariskan kepada pangeran Urgell dan akhirnya kepada uskup dari keuskupan Urgell. Pada abad ke-11, terjadi pertentangan antara uskup dan tetangganya di utara Perancis atas Andorra.
Pada 1278, konflik itu diselesaikan dengan penandatanganan parage, yang menegaskan bahwa kedaulatan Andorra dipegang antara pangeran Foix dari Perancis (yang akhirnya jabatannya diserahterimakan kepada kepala negara Prancis) dan uskup La Seu d’Urgell, di Katalonia, Spanyol. Ini memberikan kepangeranan kecil itu wilayahnya beserta bentuk politisnya.

Previous articleCara Belajar Ilmuwan Kelas Dunia
Next articlePulau Terindah di Indonesia
Anak bungsu yang manja dari 3 bersaudara. Bekerja lepas di berbagai warnet sebagai teknisi komputer & jaringan. Sedang berusaha meraih gelar Sarjana Komputer di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.