Mau Jual Mobil Anda dengan Sukses? Ikuti Langkah-langkah Jitu Ini!

Ada kalanya Anda memerlukan dana yang cukup besar untuk keperluan penting seperti modal usaha maupun untuk melanjutkan sekolah lagi. Meski biasanya hal ini bisa diatasi dengan cara meminjam dari lembaga pembiayaan atau bank, sebagian orang lagi merasa tak nyaman harus berhutang untuk mendapatkan dana. Jadi apa yang bisa dilakukan? Jual mobil biasanya yang kemudian jadi solusinya.

Tapi masalah bisa muncul jika sebelumnya Anda belum pernah menjual kendaraan. Bagaimana cara menjualnya dengan benar? Apa yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa Anda bisa menjualnya dengan harga yang terbaik? Proses untuk melakukannya memang harus diakui akan cukup mengintimidasi jika Anda belum pernah menjual kendaraan sebelumnya. Namun jangan khawatir. Di sini, Anda akan mendapatkan tips yang bakal membantu kesulitan Anda tersebut.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa kondisi mobil Anda dalam kondisi yang sebaik-baiknya, dimulai dari penampilan luarnya sampai di dalamnya. Perhatikan ini:

  1. Mobil harus tampak terawatBersihkan semua noda, bekas tanah, dan segala kotoran yang mengganggu pemandangan. Pastikan tampilan mobil terawat.
  2. Gunakan jasa pembersih profesionalKalau Anda belum yakin dengan kemampuan Anda membersihkan mobil, bawa mobil ke car wash untuk dibersihkan oleh ahlinya.
  3. Ganti karpet mobilSalah satu taktik termudah membuat mobil tampak baru di interior adalah mengganti karpet sehingga tampak baru dan bersih.
  4. Kembalikan ke bentuk aslinyaKecuali Anda melakukan modifikasi ekstrim yang menarik secara estetika, Anda lebih baik mengembalikan tampilan mobil Anda menjadi tampilan awal dari pabrikan.
  5. Periksa kondisiMinta ahlinya untuk memeriksa kondisi mesin dan sekalian diperbaiki. Anda tak perlu memperbaiki semua (apalagi kalau tak ada budget), tapi perbaiki yang paling terlihat, misalnya starter, rem, dan juga ban.

Setelah Anda selesai memperbaiki dan merawat kondisi mobil Anda, langkah selanjutnya dalam jual mobil adalah:

  1. Kumpulkan semua data mobilDari surat servis, perawatan, perbaikan, dan juga surat-surat penting kepemilikan mobil, semua harus Anda persiapkan dalam satu tempat, sehingga bisa ditunjukkan ke pembeli sewaktu-waktu.
  2. Tentukan harga yang realistisPeriksa harga pasaran mobil Anda sekarang, baru dan bekas, baru Anda tentukan harganya. Jangan mengharapkan harga terlalu tinggi, meskipun Anda bisa saja menambahkan demi keperluan tawar-menawar.
  3. Tentukan tempat penjualanAnda memiliki pilihan untuk menjualnya di tempat-tempat penjualan mobil bekas yang biasa ada setiap weekend, dan juga internet. Manfaatkan keduanya kalau Anda ingin mobil cepat laku.

Namun ini bukan berarti persiapan maupun langkah Anda sudah selesai. Supaya mobil cepat terjual, Anda juga harus melakukan ini:

  • Kalau Anda menjualnya secara online, ambil foto mobil dari berbagai sudut, luar dan dalam, dan pajang sehingga calon pembeli tahu apa yang dibelinya.
  • Jujurlah dengan kondisi mobil, dari umur sampai gangguan yang mungkin ada. Jangan sampai calon pembeli merasa tertipu.
  • Berikan definisi yang jelas untuk mobil Anda, dengan tata bahasa yang baik dan format penulisan rapi.
  • Beritahu teman-teman dan keluarga bahwa Anda menjual kendaraan Anda, sehingga mereka bisa membantu mencari pembeli.

Jika Anda sudah melakukan semua hal tersebut, maka Anda sudah siap jual mobil Anda. Biasanya, kalau mobil Anda dalam kondisi yang bagus dan Anda sendiri juga memberikan detail rinci dalam deskripsi nya, Anda tak perlu menunggu lama sampai menemukan orang yang tertarik untuk membeli mobil Anda tersebut. Mulai dari sini, Anda bisa melakukan tawar-menawar harga.

Next Article >

Leave A Response