Rancang Kamar Mandi dengan Perangkat Lunak

Apakah Anda pernah mengumpulkan foto-foto kamar mandi yang cantik sebagai inspirasi untuk membangun kamar mandi yang cantik di rumah sendiri? Nah, kini Anda bisa mendesain ulang kamar mandi dengan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk merancang ruang pada rumah.

Ada begitu banyak perangkat lunak yang dapat membantu Anda untuk membuat visualisasi gagasan desain kamar mandi dan mengubahnya menjadi kenyataan. Dalam waktu sekejap, Anda bisa membuat gambar ruangan secara 2D dan 3D serta foto dari desain kamar mandi baru Anda untuk ditunjukkan pada kontraktor, perangcang interior atau penjual perlengkapan kamar mandi. Hal ini akan memudahkan untuk membuat ilustrasi dan mengkomunikasikan secara tepat apa yang Anda inginkan.

Persiapan

Gunakan perangkat lunak untuk merancang ruangan, buka menu utama (biasanya berupa menu Home Designer). Kemudian mulai gambar rencana ruang untuk kamar mandi. Kemgunkinan Anda ingin menbuat gambar denah kamar mandi saat ini dan juga denah rancangan kamar mandi Anda. Dengan memiliki dua denah akan memudahkan perancang dan kontraktor untuk lebih mudah dan tepat menentukan jumlah tukang yang dilibatkan untuk membangun kamar mandi Anda. Sehingga bisa menghemat waktu dan uang.

Gambar Denah Kamar Mandi

Ketika menggambar denah kamar mandi saat ini, Anda tak perlu menggambar ulang, cukup buat tingkat baru berdasarkan denah yang ada. Nah setelah membuat salinan dengah kamar mandi pada tingkat baru, Anda dapat menavigasikan antara denah lantai yang ada dan denah lantai baru dengan mengklik panah Next pada menu menggambar.

Tambahkan Lantai, Dinding dan Langit-Langit

Langkah berikutnya adalah menambahkan desain lantai, dinding dan langit-langit. Gunakan tombol material dan pilih jenis keramik atau bahan lain yang akan digunakan. Kemudian tempatkan material tersebut pada denah.

Pilih Bath tub, pancuran, closet dan perlengkapan lainnya

Ketika desain ruangan telah selesai, kini tambahkan perlengkapan kamar mandi dan perabotan lainnya. Klik menu Furniture dan pilih kategori Bathroom dari menu. Maka Anda akan menemukan berbagai jenis tempat berendam, pancuran, tempat cuci tangan dan closet. Temukan juga cermin, tempat handuk dan bahkan cantelan untuk jubah mandi. Tempatkan benda-benda tersebut pada ruangan. Semua komponen dapat dengan mudah ditempatkan di tembok. Sesuaikan ukuran agar pas pada ruangan.

Pastikan menambahkan perlengkapan lain seperti lemari atau perlengkapan kamar mandi lainnya, dan jangan lupa juga menambahkan pencahayaan.

Visualisasi Desain Kamar Mandi

Gunakan kamera terintegrasi untuk memotret kamar mandi Anda dan melihat segala bagian dari desain kamar mandi seolah-olah Anda sedang berdiri di tempat tersebut. Sesuaikan tinggi kamera dan bukaan lensa untuk memperoleh sudut lebar dari kamar mandi. Perbesar untuk melihat detil yang ada. Foto dapat memudahkan untuk melakukan visualisasi dari gagasan desain Anda. Simpan desain favorit dalam Image Gallery untuk membandingkan pilihan desain yang ada. Dan pilih salah satu yang terbaik untuk rancangan kamar mandi Anda.

Sayangnya pada perangkat lunak untuk merancang kamar mandi ini memang hanya untuk merancang. Sehingga kendati dapat memilih komponen kamar mandi yang ada, seperti closet atau wastafel, Anda tetap tidak bisa mengetahui harga closet duduk yang akan digunakan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda tetap perlu untuk menelusuri harga berbagai komponen kamar mandi yang dibutuhkan di toko online yang banyak ada di internet. Biasanya segala harga kebutuhan tersedia, bahkan seluruh harga closet yang termasuk juga harga closet jongkok. Jadi selamat merancang dan mencari harga yang pas untuk kantong Anda ya!

 

 

Next Article >

Leave A Response