Beda Kamera Mirrorless dan DSLR

Saat ini fotografi menjadi trend tersendiri seiring dengan banyaknya sosial media yang menjamur. Para remaja hingga orang tua gemar sekali mengabadikan moment-moment penting hingga moment senda-gurau untuk dapat dibagikan ke sosial media mereka. Hal itulah yang menyebabkan berbagai alat fotografi menjadi ramai diperjualbelikan. Jika saat ini Anda sering melihat orang menggunakan kamera DSLR untuk keperluan pengambilan gambar mereka, maka mungkin beberapa bulan lagi Anda akan lebih banyak melihat kamera mirrorless yang digunakan. Apa itu mirrorless? Apa bedanya dengan kamera DSLR?

Dilihat dari bentuknya mirrorless mirip dengan DSLR namun memiliki ukuran yang lebih kompak atau lebih tipis. Mirrorless seperti DSLR yang dibuang moncong lensanya. Kata mirrorless sendiri memiliki arti tanpa mirror box yang digunakan untuk meneruskan cahaya dari lensa ke jendela bidik optik. Berkurangnya komponen mirrorbox inilah yang membuat mirrorless menjadi lebih kompak daripada DSLR.

Karena salah satu komponennya dihilangkan, antara Mirrorless dengan DSLR memiliki beberapa perbedaan signifikan yaitu:

  1. Mirrorless tidak memiliki optical view finder, mirrorless menggunakan EVF atau electronic view finder sehingga lebih boros dalam pemakaian baterai karena EVF harus terus menyala supaya user dapat melihat gambar.
  2. Tidak adanya sensor pengukur gambar pada mirrorless sehingga pengukuran langsung dilakukan melalui bayangan gambar pada kamera. Sedangkan pada DSLR terdapat banyak sensor sehingga pengukuran gambar lebih presisi.
  3. Bentuk mirrorless yang lebih ramping karena hilangnya bagian mirrorbox karenanya penggunaannya lebih nyaman dan penyimpanannya lebih mudah dari pada DSLR.

Karena pembuat kamera mirrorless juga merupakan pembuat kamera DSLR, maka pastinya mereka tidak akan membuat kamera baru yang memiliki kualitas dibawah kamera yang telah mereka buat sebelumnya. Meski mirrorless menghilangkan sebagian alat yang penting yaitu mirror box, namun kualitas yang dihasilkan tidaklah jauh berbeda. Hal tersebut dikarenakan pada mirrorless dapat menggunakan lensa yang fleksibel sama seperti lensa pada DSLR.

Karena bentuknya yang lebih ramping dan biaya pembuatannya lebih ringan, mirrorless lebih banyak diproduksi dan dipasarkan dari pada DSLR. Tak mustahil nantinya para pencari kamera akan lebih banyak beralih ke mirrorless mengingat harganya yang juga lebih murah dan bentuknya yang lebih mungil. Selain karena 2 kelebihan tersebut, meskipun mirrorless memiliki keterbatasan pada sensor, namun produsen mirrorless juga tak kehabisan akal. Mereka memproduksi beberapa jenis kamera ini yang memiliki jarak sensor yang berbeda-beda.

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangannya, lensa yang dimiliki mirrorless saat ini belum sebanyak lensa pada DSLR yang sudah sangat beragam. Belum lagi ada beberapa lensa DSLR yang tidak sesuai jika dipasangkan di mirrorless sehingga mirrorless memiliki pilihan lensa yang masih sedikit. Namun perlahan tapi pasti nantinya akan banyak diciptakan lensa-lensa khusus yang memang diproduksi untuk kamera jenis ini sehingga para penggunanya akan tetap dapat menghasilkan gambar yang sempurna tanpa ada kesulitan yang berarti.

Saat ini pemasaran kamera mirrorless masih terbatas di kota-kota besar di Indonesia, karenanya Anda yang sudah penasaran akan kamera ini dan tinggal di luar kota besar mungkin masih perlu menunggu ataupun dapat membeli dengan cara melakukan pembelian online. Pilihlah kamera dengan merek terpercaya dan memiliki masa garansi sehingga apabila terjadi kerusakan dapat ditangani dengan lebih baik oleh para ahli service mereka. Jangan lupa untuk meminta layanan asuransi jika kamera yang Anda beli secara online dikirim melalui jasa pengiriman.

 

Next Article >

Leave A Response