Begini Cara Mendekorasi Ruangan Minimalis

Trend arsitektur modern memang membuat desain minimalis digemari banyak orang. Semua ini dipengaruhi pula oleh keberadaan lahan kosong yang dari tahun ke tahun semakin menyempit. Otomatis manusia sebagai makhluk rasional selalu berusaha mencari solusi agar tetap memiliki tempat tinggal layak huni. Akhirnya dunia properti modern berlomba-lomba menghadirkan properti minimalis.

Rumah minimalis bukan berarti anda harus hidup dalam kungkungan kebosanan terus menerus. Itu adalah ruangan milik anda. Ekspresikan kebebasan anda sebebas-bebasnya pada dinding dan dekorasi ruangan. Usahakanlah sebuah kenyamanan yang bukan hanya nikmat dirasakan, tetapi juga indah di pandangan mata.

Apabila anda merasa buntu dalam mengubah ruangan minimalis. Ikutilah saran di bawah ini yang dapat menyulap ruangan anda menjadi tidak terkesan sempit, apalagi mengundang bosan begitu memasuki ruangan.

  1. Proporsional

Bukan hanya anda yang harus ingat bahwa ruangan yang anda miliki tergolong minimalis. Barang-barang di dalamnya harus disesuaikan juga dengan ukuran ruangan yang kecil. Jangan masukkan lemari besar yang menutup seperempat ruangan ke dalamnya.

Peletakan furnitur yang tidak proporsional hanya akan menambah kesan sumpek pada ruangan mini anda. Jadi pilihlah barang-barang yang ukurannya lebih mini dari ruangan anda. Misalkan lemari kecil tapi desainnya berwarna, kasur yang cukup untuk seorang saja dan sebuah meja kecil untuk tempat lampu sudah cukup menambah aksesoris ruangan.

Dalam prinsip ekonomi, keuntungan besar dengan modal kecil adalah tujuan. Anda dapat mengadopsi prinsip ini untuk mendekorasi ruangan mini anda. Carilah barang-barang multifungsi untuk dimasukkan ke dalam ruangan agar tidak menambah tumpukan benda di dalam ruang yang sudah sempit. Dan jangan memberi ornamen berlebihan pada dinding ruangan.

  1. Gunakan Kaca

Cermin atau kaca dapat membiaskan kesan luas pada ruangan sempit. Jadi belilah kaca yang besarnya cukup untuk badan anda. Letakkan benda ini di dalam ruangan di bawah lampu. Sinar dari lampu yang menimpa kaca dapat meluaskan ruangan anda.

Selain itu, kaca dapat ditunjang lagi dengan peletakan korden yang tinggi. Sehingga tidak menambah kesan sempit pada bagian bawah ruangan. Justru anda akan merasa ruangan kecil itu lebih lapang dari aslinya.

  1. Permainan Warna

Bayangkan saja sebuah ruangan sempit yang dicat hitam atau warna gelap lainnya. Apakah anda merasa ruangan bertambah lapang atau tidak ?. Jadi pilihlah warna-warna terang sebagai dominasi ruangan. Selain menambah kesan ceria, ruangan anda akan lebih menyegarkan mata. Boleh juga menambahkan strip-strip berwarna lain di dinding untuk meminimalisir kesan sumpek.

 

Leave A Response