Cara Membuat Sambal Terasi Agar Terasa Lebih Mantap dan Istimewa

Tahukah Anda bagaimana cara membuat sambal dengan bahan terasi lebih mantap dan istimewa? Sambal memang menjadi salah satu menu andalan apabila disajikan saat siang hari. Sambal dengan campuran terasi akan lebih nikmat apabila digunakan sebagai menu pelengkap dari sayur asem dan ikan asin. Tentu menu ini sangat disukai karena selain lebih nikmat membuat siapapun yang menikmatinya merasa ketagihan dengan enaknya. Namun apabila jenis sambal ini terasa kurang enak tentunya akan membuat acara makan siang menjadi tidak nikmat. Dalam membuat sambal terasi ini dibutuhkan beberapa cara untuk menjadikan sambal ini menjadi lebih mantap. Berikut ini beberapa cara membuat sambal terasa lebih mantap dan istimewa:

  1. Bahan
    Beberapa jenis bahan yang digunakan antara lain yaitu cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, tomat, gula pasir, garam, gula jawa dan penyedap rasa. Komposisi bahan tentunya disesuaikan dengan selera Anda karena hal ini tergantung banyak atau sedikitnya jumlah orang yang akan mengkonsumsinya. Ada baiknya jangan membuatnya secara langsung dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena apabila tidak habis tentunya akan membuat sambal menjadi mubazir.
  2. Cara membuat
    Cara membuatnya sangat mudah hanya dengan menggoreng semua bahan yang digunakan. Ada baiknya pastikan bahwa semua bahan matang dan terasinya jangan sampai hancur. Hal ini karena apabila sampai hancur akan membuat sambal tersebut menjadi banyak kandungan minyak didalamnya. Disarankan ketika menggoreng semua bahan pastikan bahwa bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan baru. Misalnya saja pada minyak goreng hal ini karena akan mempengaruhi rasa dan kualitasnya.
  3. Kesegaran bahan
    Ada baiknya Anda memperhatikan mengenai kesegaran bahan yang digunakan. Hindari menggunakan bahan yang lama dan hampir busuk. Hal ini karena bahan yang tidak memiliki kualitas yang bagus ketika digunakan sebagai sambal akan mudah bau. Tentunya hal ini akan mempengaruhi rasa dan kualitas dari sambal itu sendiri. Selain kesegaran jangan lupa untuk mencuci bahan sebelum Anda menggorengnya.
  4. Teknik membuat
    Dalam pembuatannya sebaiknya menggunakan teknik pembuatan yang sesuai dengan cara diatas. Tujuannya tentunya agar sambal terasi yang dihasilkan lebih mantap dan istimewa. Terlebih apabila bagi Anda yang belum pernah membuat sambal sebelumnya. Tentunya Anda akan mudah bingung namun dengan panduan ini diharapkan akan lebih maksimal ketika menggunakannya.
  5. Dibuat sesuai kebutuhan
    Buatlah sambal sesuai dengan kebutuhan misalnya saja Anda hanya tinggal berdua cukup membuat sambal untuk dua kali atau tiga kali makan saja. Dengan demikian tak akan banyak sambal yang terbuang secara percuma. Selain itu sambal yang dibuat akan memiliki rasa lebih nikmat dan juga istimewa. Sebaliknya apabila Anda membuat sambal dengan anggota keluarga yang banyak. Hendaknya membuat sambal sesuai dengan anggota keluarga yang dimiliki.
  6. Pemilihan jenis terasi
    Pemilihan jenis terasi juga tak bisa diabaikan begitu saja. Hendaknya Anda memilih jenis terasi asli yang menggunakan bahan yang berkualitas. Jangan terlalu banyak campurannya karena akan mempengaruhi rasa sambal terasi yang akan dibuat. Tak masalah memiliki harga yang mahal apabila menggunakan kualitas yang bagus. Namun apabila Anda memilih terasi yang murah dikhawatirkan akan banyak campuran yang berbahaya didalamnya. Anda juga bisa memilih terasi langsung buatan pabrik atau buatan rumah saja. Dengan demikian kualitasnya akan lebih terjamin.

Leave A Response