3 Infrastruktur Penting di Indonesia

Untuk meningkatkan serta mempercepat pembangunan nasional di segala bidang, pemerintah perlu melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia . Pembangunan ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat tetapi juga untuk memudahkan dan memajukan pertumbuhan ekonomi negara. Beberapa sektor yang berkaitan erat dengan infrastruktur sangat penting keberadaan dan harus segera dibangun dan dijaga, seperti infrastruktur berikut ini:

Transportasi
Keberadaan akses jalan yang memadai sangat menunjang kelancaran lalu lintas dan hubungan roda perekonomian. Banyak tempat, terutama daerah pelosok yang tidak mendapatkan akses jalan yang baik sehingga laju pertumbuhan ekonominya terhambat. Untuk itu, pemerintah perlu selalu mengupayakan ketersediaan jalan yang baik, tidak hanya diwilayah perkotaan tetapi juga hingga pedesaan.

Selain akses jalan, dalam sektor transportasi, keberadaan alat transportasi umum juga tidak boleh diabaikan. Perlunya alat transportasi umum yang baik dan aman akan sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Selain itu, dengan memenuhi kebutuhan transportasi umum, maka masalah kemacetan yang selalu terjadi di kota-kota besar dapat teratasi.

Sanitasi
Pada bidang sanitasi, ada beberapa infrastruktur yang harus menjadi perhatian utama pemerintah yaitu penyediaan air bersih dan juga sistem pengelolaan air limbah. Meski yang lainnya juga perlu diperhatikan seperti ketersediaan tempat pembuangan sampah, pengelolaan limbah padat, drainase dan lainnya. Namun, adanya sistem penyediaan air bersih sangatlah urgent untuk diuapayakan.

Masyarakat setiap harinya pasti memerlukan air bersih untuk memenuhi segala aktivitas keseharian seperti mandi, mencuci, memasak dan lainnya. Jika masyarakat tidak memiliki sumber air atau suplai air yang disediakan oleh pemerintah, maka ini tentu akan menjadi masalah besar. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan dan menjaga sistem penyediaan air bersih yang baik.

Energi
Untuk kebutuhan energi seperti listrik, Indonesia memang memiliki PLN sebagai penyedia sebagian besar kebutuhan listrik masyarakat di Indonesia. Namun, seringnya masalah yang terjadi yang mana mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik, membuat banyak orang masih merasakan kurang maksimalnya pelayanan PLN terhadap masyarakat. Melihat keadaan listrik sekarang yang masih perlu banyak perbaikan, baik dalam hal produksi dan distribusi, pemerintah kiranya harus terus berupaya memperbaiki keadaan dan mengatasi masalah yang sering terjadi menyangkut soal listrik di negara ini.

Leave A Response