3 Cara Mudah Merawat Scanner Agar Tetap Bertahan Lama

Scanner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menduplikasi gambar dari media cetak menjadi bentuk file. Scanner bisa merubah gambar untuk di edit didalam komputer. Alat scanner punya beberapa fungsi yang berbeda-beda antara lain kaca scan, tombol pengatur, dan bagian penutup.

Jika ada salah satu bagian yang rusak, maka mesin scanner tidak akan dapat bekerja secara optimal hingga tidak bisa digunakan alias rusak. Oleh karena itu, merawat scanner sangatlah penting untuk dilakukan agar perfomanya tetap berjalan dengan maksimal. Jika anda mempunya kebiasaan jarang merwat scanner maka seirng waktu, gambar yang dihasilkan oleh scanner tidak akan jernih atau terjadi penyimpangan pada hasil scan. Jika anda tidak ingin mesin scanner rusak apalagi saat dibutuhkan untuk keperluan mendadal. Berikut tips merawat scanner dengan mudah dan tidak cepat rusak.

  1. Bersihkan Kaca Scan
    Langkah pertama merawat scanner adalah memberishkan bagian permukaan kaca scan. Bila anda ingin membersihkan bagian ini, gunakanlah kain pembersih yang terbuat dari bahan microfiber dengan serat kain yang tidak tertinggal atau menempel dibagian kaca scan. Bahan Microfiber sangat halus dan tepat untuk membersihkan permukaan kaca.
  2. Pastikan Tidak ada debu atau kotoran pada scanner
    Langkah berikutnya untuk merawat scanner agar tetap awet adalah membongkar mesin scanner anda. Jika anda tidak tahu caranya, anda bisa melihat buku panduan atau mencari referensi melalui tayangan video. Cara ini memang sangat dibutuhkan untuk membersihkan keberadaan debu atau kotoran pada scanner.Semakin scanner berdebu maka akan menggantu performa alat pemindai ini. Terlebih lagi jika anda tetap mendiamkannya, maka alat scanner akan tergores sehingga timbul kerusakan yang parah. Setelah dibongkar bersihkan bagian dalam scanner dengan sebuh kain pembersih yang halus atau kapas dengan bantuan cairan alkohol untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Setelah itu pastikan alat scanner di pasang kembali dengan benar.
  3. Jangan Menekan penutup
    Selain membersihkannya anda juga harus menggunakan alat scanner dengan bijak. Caranya tidak sulit jika anda sendang memindai sebuah buku yang tebal pada alat scanner. Tidak perlu menggunakan penutup scanner apalagi jika anda sampai memaksakan untuk menutup tutup scanner sampai tertutup rapat. Kalau ditutup dengan dipaksa dan ditekan dapat membuat engsel penutup scanner mengendur bahkan rusak.

Mudah bukan menjaga alat scanner anda tetap rusak. Nah kalau sudah terlanjur rusak, tidak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa memilikinya dengan membelinya di MatahariMall. Belanja online di toko ini sangat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan merek scanner terbaik yang menghasilkan gambar yang berkualitas seperti aslinya. dengan cara mencicilnya atau mendapatkan promo harga terbaik dari MatahariMall.com. Setelah mendapatkannya jangan lupa untuk menjaganya dengan baik.

Leave A Response