Trik Menajamkan Hasil Gambar CCTV

Guna menghadirkan tampilan gambar yang menawan ketika disaksikan pada monitor maupun juga layar televisi, tentu saja kamera CCTV Anda harus mampu memenuhi ketentuan persyaratan wajib yang juga harus Anda ketahui. Hal ini dilakukan supaya nantinya kamera pengintai yang Anda pilih dan beli tepat seperti apa yang Anda butuhkan. Jangan sampai nantinya Anda mengeluhkan kualitas dari gambarnya yang buram atau justru gelap pada saat kamera pengintai Anda pasangkan. Tentu saja ini akan sangat mengecewakan. Lantas sebenarnya apa saja syarat yang perlu dipenuhi Closed Circuit Television agar mampu menghasilkan gambar yang terbaik?

Sekarang ini ukuran sensor pada kamera pengawas tersedia dalam dua varian yakni ¼ inchi serta 1/3 inchi. Sudah pasti dengan adanya ukuran sensor yang lebih besar memberikan tampilan gambar atau rekaman yang lebih baik. Selain itu, sensor yang lebih besar yakni 1/3 inchi terasa sangat membantu pada saat kondisi ruangan atau area yang Anda pasangi dengan kamera pengawas berkondisi sedikit lebih gelap. Hal ini dikarenakan pixel penangkap gambar yang ada di sensor dengan ukuran besar juga memiliki kepekaan tinggi terhadap cahaya.

Bukan hanya itu, bahkan mengenai jenis sensor yang digunakan sebagai mata kamera CCTV hingga saat ini juga terbagi ke dalam 2 jenis pilihan yakni CMOS dan CCD. Kamera pengawas yang dibekali dengan sensor CCD dapat dikatakan memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan CMOS. Hal ini dapat terjadi sebab teknologi CCD sendiri termasuk sebagai teknologi yang telah lama serta biasa digunakan d dalam kamera video atau kamera digital. Sedangkan CMOS adalah produk inovasi terbaru. Sehingga kamera pengawas dengan sensor CMOS untuk saat ini memang masih berada di dalam harga yang cukup mahal. Namun mengenai kualitas gambar dapat dikatakan bahwa keduanya memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Ada banyak type cctv murah yang bisa kamu beli atau coba dulu, tapi sebaiknya beli yang jangan terlalu murah karena kualitas kameranya terlihat jauh banget.

Pada dasarnya sensor CCD dinilai lebih cocok jika digunakan untuk pengawasan indoor karena akan lebih mampu untuk menangkap cahaya dengan kondisi cahaya minim. Selain itu, setiap pixel sensor ini memiliki kualitas gambar yang tetap sama. Dengan demikian tentunya tidak akan terjadi adanya gambar yang lebih gelap di area tertentu sebab diantara sensor dengan converter atau pengubah sinyal analog ke sinyal digital pada penangkapan gambar terpisah.

Sementara sensor CMOS sendiri dinilai lebih cocok digunakan dalam pengawasan outdoor. Tentunya karena sensor ini adalah teknologi yang terbaru dengan kemampuan memproses gambar jauh lebih cepat. Artinya diantara gerakan asli dengan gerakan yang terekam sensor CMOS tidak akan terdapat keterlambatan sedikitpun. Oleh karena itulah sensor CMOS digadang-gadang sangat tepat dipilih jika Anda menggunakan CCTV untuk menjaga keamanan di luar hunian atau outdoor selama 24 jam non stop.

Leave A Response