Apakah Anda Pintar atau Bodoh? Ini Cara Mengetahuinya

Guna mengetahui, apakah seseorang pintar atau bodoh ternyata dapat diketahui melalui tujuh tanda. Seperti dikutip dari pilihdokter.com, inilah ketujuh tanda itu:

1. Mendidik Para Bawahannya Untuk Menjadi Lebih Pintar
Jika orang ini merupakan pimpinan atau pengawas dalam kantor anda, maka ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para bawahannya untuk menjadi lebih pintar, baik dengan mengirim para bawahannya untuk mengikuti kursus tertentu atau dengan mengajarkan berbagai keterampilan baru pada bawahannya tersebut.

Intinya adalah orang pintar akan berusaha keras untuk memenuhi tujuannya ini karena hal ini (membuat bawahan mereka menjadi lebih pintar) merupakan salah satu cara mereka membuktikan dirinya.

2. Orang Paling Pendiam
Seringkali, orang pintar merupakan orang paling pendiam di dalam ruangan anda, baik ruang kantor maupun ruang kelas. Orang pintar telah lama mengetahui bahwa lebih baik diam dan terlihat cerdas daripada membuka mulutnya untuk menyingkirkan berbagai keraguan.

Mereka biasanya akan duduk diam dan menyerap sebanyak mungkin informasi dari semua percakapan di sekeliling mereka. Mereka kemudian akan mencatat dan mempelajari berbagai informasi yang mereka peroleh.

3. Memiliki Pengetahuan Mengenai Berbagai Hal
Orang pintar biasanya mengetahui banyak hal mengenai berbagai hal. Mereka biasanya mengetahui banyak hal mengenai sesuatu hal yang mungkin tidak anda ketahui. Hal ini dikarenakan mereka sungguh-sungguh merasa tertarik pada apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya, tidak hanya pada apa yang berhubungan dengan mereka.

Orang pintar biasanya selalu mencari jalan untuk belajar dan mendidik diri mereka sendiri sesering mungkin. Jika mereka menemukan sesuatu yang tidak mereka mengerti atau kurang mengerti, maka mereka akan mulai mengumpulkan dan mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk membuat mereka lebih mengerti tentang hal tersebut.

Orang pintar biasanya membaca banyak buku, menonton berbagai program televisi yang informative, dan mengikuti berbagai kursus pendidikan pada waktu luangnya untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah keterampilan mereka sebanyak yang mereka mampu.

4. Pandai Mengatur Waktu
Orang pintar biasanya cukup pandai mengatur dan membagi waktunya, untuk bekerja, kehidupan pribadinya, dan untuk melakukan berbagai hobi atau kegiatan lain yang disukainya. Mereka juga tahu kapan mereka harus berhenti dan beristirahat dan mereka tidak pernah berkata “tidak bisa”.
Orang pintar biasanya menyadari pentingnya suatu keseimbangan dalam kehidupan mereka dan mereka pasti memastikan agar dirinya memiliki cukup waktu untuk beristirahat, bermain, dan bekerja setiap harinya.

5. Tidak Pernah Menghina atau Merendahkan Orang Lain
Orang pintar pada umumnya tidak pernah membuat orang lain terlihat bodoh dengan mengejek atau membuat mereka merasa lebih bodoh. Hal ini dikarenakan orang pintar mengetahui bahwa selalu ada orang lain yang lebih pintar daripada mereka di luar sana.

Saat seseorang menjadi sombong dan membuat orang lain tampak bodoh, maka hal ini hanya akan membuatnya tampak seperti orang jahat. Setiap orang pintar pernah ada pada suatu posisi di mana mereka terlihat bodoh dan mereka tidak mau membuat orang lain merasakan atau berada pada posisi yang sama. Orang pintar tidak akan mengambil setiap kesempatan untuk meremehkan orang lain. Sebaliknya, mereka justru akan berusaha untuk membantu orang lain untuk mengatasi setiap kesulitan yang dialaminya sebisa mungkin.

6. Memiliki Latar Belakang Pendidikan yang Luas
Sebagian besar orang pintar tidak akan menyombongkan latar belakang pendidikannya yang luar biasa pada anda. Anda biasanya hanya akan mengetahui hal ini saat melihat lembaran surat lamaran kerjanya secara tidak sengaja.

Mereka biasanya bersekolah di sekolah atau universitas terkenal dan mungkin telah menyelesaikan pendidikan sarjana tingkat dua. Orang pintar seringkali merasa bosan pada satu jenis pekerjaan dan cenderung memiliki berbagai jenis pekerjaan selama hidupnya,

7. Tidak Terus Memikirkan Kesalahan yang Telah Diperbuatnya
Saat orang pintar melakukan suatu kesalahan, maka mereka biasanya tidak terus memikirkan dan merenungi kesalahannya tersebut. Hal ini dikarenakan mereka telah sering memikirkan hal ini sebelumnya dan telah memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk keluar dari kesalahannya tersebut. Orang pintar sepertinya telah terlatih untuk menghadapi setiap permasalahan dalam kehidupannya, baik maupun buruk dan menemukan suatu jalan keluar dari setiap kesulitan tersebut. (tribun makassar)

Mohon Tinggalkan Komentar Anda Disini