Jaringan Listrik Pintar Masa Depan

Jaringan Listrik Pintar Masa Depan

0 142
Foto Jaringan Listrik Pintar Masa Depan untuk telekomunikasi strategic industries solusi SmartGrid skenario sistem jaringan rumah rasakan Pintar peran penetrasi pencurian nyata negara negara maju mulai mengurangi memberikan mazza Marketing listrik lebih layanan kita kapan Jepang jaringan listrik internet protocol ip energi listrik energi distribusi diskusi didapatkan Dari dampaknya contoh Bisa Bicara betapa apac alcatel lucent  smartgrid 032329
SmartGrid (Alcatel)

Solusi teknologi di tingkat infrastruktur memang kurang diberitakan, tapi bukan berarti dampaknya tidak kita rasakan. Coba kita bayangkan betapa pentingnya peran infrastruktur, mulai dari energi sampai telekomunikasi, di kehidupan kita. Bencana gempa bumi dan tsunami yang merontokkan infrastruktur energi Jepang baru-baru ini merupakan bukti nyata mengenai hal itu.

Bicara soal distribusi energi listrik ke rumah-rumah, di negara-negara maju seperti di Eropa, telah mulai diimplementasikan teknologi yang dinamakan SmartGrid. Secara singkat, definisi SmartGrid adalah jaringan listrik yang menggunakan teknologi digital, termasuk Internet Protocol (IP). SmartGrid boleh dibilang adalah sistem jaringan listrik yang lebih pintar dan lebih modern.

SmartGrid memberikan kemampuan pemantauan performa jaringan, yang berdampak besar pada kualitas layanan yang diberikan. Kelebihan lain bagi penyedia layanan energi terletak pada keamanan dan stabilitas kualitas layanan serta kemudahan pengoperasian dan pemanfaatan energi yang terbuang.

Rudolph Mazza, APAC Marketing Director untuk Alcatel-Lucent Strategic Industries, memberikan contoh teknologi SmartGrid yang digunakan untuk mengurangi pencurian listrik di Karachi. Dengan informasi yang didapatkan melalui jaringan pintar ini, akan diketahui kapan dan daerah mana yang paling banyak kecolongan listrik, sehingga penyedia layanan listrik dapat menerapkan berbagai strategi untuk mengurangi pencurian tersebut.

Contoh lain: SmartGrid digunakan untuk mengetahui kapan beban listrik tertinggi dan perangkat rumah apa yang menjadi beban terbesar. Dengan detail data yang didapatkan dari SmartGrid, penyedia layanan listrik akan dapat mengantisipasi dan mengatasi berbagai skenario krisis energi yang akan terjadi.

SmartGrid di Indonesia
Dari diskusi dengan Rudolph Mazza, Indonesia justru memiliki keuntungan tersendiri untuk mengimplementasikan SmartGrid. Dengan masih terbatasnya penetrasi layanan listrik, maka implementasi SmartGrid akan lebih mudah dan murah.

“Investasi yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur jaringan SmartGrid bervariasi, tergantung apakah mulai membangun dari awal, atau mengintegrasikan dengan jaringan yang sudah ada. Jika merencanakan dan membangun infrastruktur SmartGrid dari awal, justru biayanya akan lebih murah,” jelas Rudolph.

Bahkan jika disinergikan dengan penyedia jasa telekomunikasi dan layanan lainnya, maka biaya yang bisa dihemat setidaknya mencapai 40%.

“Di Indonesia, SmartGrid kami perkirakan sudah bisa diimplementasikan mulai tahun 2014, sesuai dengan RPJM (rencana pembangunan) pemerintah yang menargetkan jaringan broadband meng-cover 30% populasi penduduk,” kata Senior Manager Marketing and Technology Business Development, Alcatel-Lucent (ALU) Indonesia, Willy Sabry.

sumber: yahoo

NO COMMENTS

Tinggalkan Komentar Anda di Sini