10 Temuan yang Terlalu Canggih di Zamannya

aksesoris kamera

Saat ini cukup mudah untuk meyakini bahwa teknologi besar telah terjadi pada abad 20 atau 21. Namun faktanya, ide-ide tersebut sudah muncul sejak bertahun-tahun, bahkan ber abad-abad sebelumnya.

Ini Dia 10 Temuan Terlalu Canggih di Zamannya: 

Digital Audio Player (1979) jadi MP3 Player/iPod (1997/2001) 
Pada 1979, Kane Kramer dari Inggris memiliki ide pemutar musik solid seukuran saku. Kramer menyebutnya IXI System dan ukurannya hampir sebesar kotak rokok. Menurut situs Kramer, Kramer dan rekannya membuat lima perangkat ini. Sistem buatan Kramer hanya mampu memutar musik selama tiga setengah menit.
Namun, ia berencana menggunakan memori flash untuk memperpanjangnya. Menurut Wired, bahkan Kramer berencana membuat toko musik untuk mengunduh musik baru. Pengajuan hak Kramer gagal pada 1998, di titik itu teknologi ini menjadi properti publik. IXI dan toko musik digital itu kini berubah menjadi iPod dan toko iTunes. Apple sendiri mengakui peran Kramer dalam kreasi iPod.


Prototype Digital Music Player Yang Diciptakan Kramer Pada Tahun 1979
Prototype Digital Music Player Yang Diciptakan Kramer Pada Tahun 1979
Analytical Engine (1822) jadi Komputer (1940) 
Dalam upaya menciptakan mesin penghitung matematika tanpa kesalahan, Charles Babbage menciptakan pendahulu komputer modern. Mesin analitik Babbage merupakan perangkat komputasi umum pertama yang mampu menyelesaikan jenis-jenis perhitungan berbeda.
Menariknya, mesin in dibuat di saat elektronik belum muncul. Babbage terus mengembangkan mesin analitiknya hingga meninggal di 1871.

Analytical Engine

Lensa Kontak (1632) jadi Lensa Kontak (1887/1950) 

Pada 1632, Rene Descartes mengusulkan parangkat untuk mengkoreksi visi. Metode ini menggunakan tuba kaca berisi cairan yang diletakkan langsung pada mata. Sayangnya, pemakai ‘lensa’ ini tak akan bisa berkedip.
Pada 1887, optalmolog Jerman Adolf Eugen Fick menciptakan lensa kontak sukses pertama dari kaca. Lensa ini hanya bisa dipakai selama beberapa jam dan akhirnya ahli kimia Otto Wichterle berhasil membuat lensa kontak lembek dari plastik. Kini, lensa kontak ini dipakai jutaan orang di dunia.

Lensa Kontak

Colorfax (1947) jadi Color Printer (1990)

Saat pertama muncul di Popular Science, colorfax dijuluki mesin yang ‘membuka dunia baru bagi rumah dan pebisnis’. Mesin ini mampu menggambar dengan pensil warna merah, biru, kuning dan hitam dan membutuhkan sekitar 15 menit untuk mencetap tiap gambar. Printer masa kini menjadi suatu kewajiban di banyak kantor.
ColorFax 1947 Mesin Fax Berwarna Pertama di Dunia
ColorFax 1947 – Mesin Fax Berwarna Pertama di Dunia

Photovoltaic Cell (1883) jadi Sel Surya (1945)

Pada 1883, Charles Fritts mengembangkan sel surya pertama setelah menyelimuti selenium semi konduktor dengan lapisan tipis emas. Sayangnya, perangkat ini tak efektif, efisiensinya hanya 1%. Pada 1945, peneliti di Bell Laboratories berhasil memperbaharuinya dengan melakukan efisiensi. Sejak itu, sel surya dipakai pada satelit luar angkasa dan benda kecil seperti kalkulator dan jam.

Photovoltaic Cells

Sinar Panas (212 Sebelum Masehi (SM)) jadi Senapan Sinar Panas (2007)

Militer Amerika Serikat (AS) mengungkap Active Denial System empat tahun lalu. Sistem ini memproyeksikan sinar energi tinggi transparan yang bisa menimbulkan perasaan terbakar tiba-tiba. Militer mengatakan, senapan sinar panas ini tak berbahaya dan bisa digunakan untuk menghalau keramaian.
Berbeda, sinar panas asli pada masa Syrause di 212 SM digunakan untuk membakar kapal musuh. Archimedes membuat perangkat ini untuk membakar kapal perang Roma. Selain itu, banyak pihak membuktikan, sangat mungkin membakar kapal Roma menggunakan sinar panas ini.
Cara Kerja Active Denial Service – Sensasi Terbakar Tanpa Terluka

Aeolipile/Automata (abad pertama) jadi Mesin Uap (1698/1954)

Mesin uap dikreditkan sebagai salah satu ciptaan paling penting dalam revolusi industri. Kapal uap dan lokomotif memungkinkan terjadinya transportasi yang lebih cepat antar negara atau samudra. Sementara James Watt menjadi pencipta mesin uap, aplikasi pertamanya muncul berabad-abad sebelum ia lahir.
Ahli matematika Yunani Hero dari Alexandria menggambarkan sebuah alat bernama Aeolopile, alat pertama yang menerapkan uap pada gerak putar. Alat ini memiliki bulatan kosong di atas tungku air, jadi ketika air mendidih, uap melewatinya dan membuat bulatan di dalamnya berputar. Menurut Encyclopedia Britannica, Hero menggunakan proses serupa untuk membuat pintu yang bisa terbuka otomatis.

Prinsip Kerja Aeolipile
Prinsip Kerja Aeolipile

Watch-Case Phonograph (WCP, 1936) jadi Walkman (1979)

WCP digambarkan sebagai pemutar musik mungil. Miniatur fonograf ini biasa terdapat dalam jam tangan. Untuk mendengarnya, cukup mendekatkan WCP pada telinga. Sayangnya, rancangan WCP tak efektif. Pada 1970, pengembang Sony Walkman membuat konsep keseluruhan perangkat portabel ini dengan musik pra-rekam di dalamnya.

Watch-Case Phonograph WCP 1936
Watch-Case Phonograph 1936

Kendaraan Tenaga Uap (1769) jadi Mobil Tenaga Gas (1886)

Sementara Nicholas-Joseph Cugnot dari militer Austria menggambar alat untuk menarik artileri, kendaraan tenaga uap dianggap sebagai mobil pertama dunia. Mobil ini memiliki tiga roda dengan satu roda depan berfungsi sebagai pengarah. Setelah itu, Cugnot membuat versi lebih besar, kuat dan cepat dan selesai pada 1771.
Sayangnya, menurut MadeHow.com, Menteri Etienne Francois de Choiseul tak tertarik. Kemudian, kendaraan itu dipindah ke National des Arts et Metiers di Paris dan dipajang di sana sejak itu.
Cugnot Steam Wagon 1771 Kendaraan Tenaga Uap
Cugnot Steam Wagon 1771

Mesin Penjual (abad pertama) jadi Mesin Penjual (1880)

Mesin penjual ini dapat ditemui di sekolah, bandara dan kebanyakan gedung. Saat ini, mesin ini sedang dalam debat kesehatan. Hal mengejutkan, mesin ini telah ada sejak abad pertama dan digunakan untuk menyalurkan air suci di kuil Yunani Kuno.
Menurut Smithsonia Institution, ketika seseorang memasukkan koin, koin mengenai panel dan panel membuat air keluar. Sistem ini juga dipakai pada mesin penjual yang dikembangkan pada 1880 hingga akhirnya listrik mengambil alih tugas itu.

Mesin Penjual Otomatis

sumber: hitsmansa

Mohon Tinggalkan Komentar Anda Disini