Home Teknologi Jangan Sembarang Klik URL Pendek di Facebook.

Jangan Sembarang Klik URL Pendek di Facebook.

1 11
Tak hanya pesan berbahasa asing, kini muncul juga pesan dengan Bahasa Indonesia yang menjebak pengguna Facebook. Terutama, pengguna perlu mewaspadai URL pendek.
Peringatan itu disampaikan Alfons Tanujaya, peneliti antivirus dan keamanan komputer dari Vaksincom, Selasa (29/3/2011).

“Lagi ramai ‘jebakan betmen‘ nih di Facebook. Jadi tinggal klik satu link saja, langsung akun FB korban melakukan posting tanpa persetujuannya,” ujar Alfons.

Menurut Alfons, pelaku bisa melakukan serangan ini dengan metode Cross Site Scripting (XSS). Ia menduga, kebanyakan yang jadi korban justru pengguna smartphone seperti BlackBerry.

Ini karena, ujarnya, pengguna perangkat itu jika mengklik link jebakan bisa langsung terbuka halamannya. Sedangkan pengguna browser desktop umumnya akan mendapati peringatan sebelum halaman dimunculkan.

Menilik bahasa yang dipakai, Alfons yakin ada keterlibatan pelaku dari Indonesia. “Ini jelas bikinan lokal,” tuturnya.

Nah, untuk menghindarinya, Alfons menyarankan pengguna smartphone untuk lebih waspada saat ada link dari layanan pemendek URL.

“Pokoknya semua penyingkat url hindari untuk di-klik, karena jadi nggak ketahuan link aslinya,” ujar Alfons.

Berikut adalah contoh pesan-pesan yang bisa menjebak pengguna Facebook:

  • jangan salahin w kalo lo bakal ngakak ngeliat ni orang ***pahh
  • hiks..hiks..hiks..barusan mampir dari ***vc KEREN bgt swearr.. buruan…mampir

( wsh / wsh )

Metode Scam dan Phishing Terbaru di Facebook

Hari ini memang begitu aneh jika saya lihat status teman-teman di Facebook. Di status-status mereka tertulis link yang ditujukan untuk membujuk kita agar meng-klik link tersebut. Memang isinya sangat normal dan tidak mencurigakan. Namun sadarlah, bahwa itu adalah salah satu serangan scammer jenis baru di Facebook. Facebook merupakan sarana yang cukup efektif untuk melakukan hal-hal tersebut, sebab ratusan juta orang di dunia telah menggunakan media sosial ini untuk berbagai keperluan.

Bagi yang belum tahu apa itu Scam atau Scammer, saya comotkan uraiannya dari Wikipedia. Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan, Si penipu tersebut memanfaatkan jejaring sosial Facebook untuk membuat jenis scam baru. Dia membuat sebuah link yang apabila nantinya di klik oleh si korban, dengan otomatis dia akan diredirect ke situs tertentu. Bukan hanya itu saja, akun Facebook si korban pun akan otomatis membuat status yang memuat isi link yang bersifat amat sangat membujuk. Jika teman korban meng-klik link tersebut maka teman yang bersangkutan pun akan tercemar scam itu, dan seterusnya hingga jutaan orang dapat terkena scam seperti ini.

Memang begitulah kronologi scam yang ada di Facebook. Belum lama ini, saya juga menemukan metode Phishing Facebook. Phishing adalah sebuah trik yang dilakukan seseorang agar ia dapat mencuri data diri maupun password si korban. Phishing yang saya temukan di Facebook memang telah dilaporkan oleh beberapa orang, karena sudah cukup mengkhawatirkan. Phishing tersebut menyerang fasilitas chat Facebook dengan melakukan chat otomatis dari korban ke teman korban dengan berisikan suatu link yang apabila di klik maka akan berimbas pada teman korbannya pula.

Tips Menghadapi Serangan Scam maupun Phishing,

Ada beberapa tips agar kita tidak mudah terjebak oleh serangan Scam maupun Phishing,

  • Berhati-hatilah jika seorang teman mengirimkan suatu link pada kita.
  • Jangan membuka link di wall post, jika berupa short link contohnya adalah dari tinyurl, atau pun goo.gl
  • Tetap waspada saat berchating ria bersama teman yang belum kita kenal, walaupun ia terlihat orang baik-baik.
  • Jika memang telah terkena Phishing, segeralah mengganti Password dan pertanyaan keamanan akun Facebook maupun Email Anda.
  • Gunakanlah Facebook sebagai mana mestinya
Foto Jangan Sembarang Klik URL Pendek di Facebook. URL Terbaru Tautan Scam Phising link facebook

Agar Anda up to date tentang info-info mengenai jenis serangan terbaru di Facebook seperti Scam, Phishing maupun Hacking, berikut serta lah ke Fans Page Facecrooks di http://www.facebook.com/Facecrooks, mungkin beberapa artikel di dalamnya akan sangat membantu Anda dan dijamin aman, karena Fans Page ini telah diikuti oleh banyak pengguna Facebook karena berbagai tips-tips yang sangat bermanfaat.

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar Anda di Sini